Header Ads

Install dan Autorun Xampp Saat Start

  • Install xampp for Linux
  1. Setelah kita memperoleh file installer Xampp, saya menggunakan xampp-linux-1.7.tar.gz maka 3 langkah sederhana yang kita kerjakan adalah sbb:
  2. Login sebagai root di terminal, dan menuju lokasi file installer xampp kita. [ saya pakai xampp-linux-1.7.tar.gz ]
  3. Ekstaraklah file tersebut ke /opt perintahnya adalah " tar xvfz xampp-linux-1.7.tar.gz -C /opt ".

Jalankan dengan perintah : " /opt/lampp/lampp start ". Harusnya akan muncul :
Starting XAMPP 1.7....
LAMPP: Starting Apache...
LAMPP: Starting MySQL...
LAMPP started.

Untuk mencobanya, maka dari browser kita ketik : "http://localhost". Atau [ misal ] disini saya jalankan dengan mengetikkan ip komputer tempat saya menginstalnya, yaitu : 192.168.1.50 maka pada browser akan muncul Xampp menunya. ;)


  • Otomatisasi xampp saat PC start
Setelah berhasil menginstall xampp tadi, defaultnya xampp tidak akan secara otomatis runing saat kita menghidupkan komputer kita.Untuk bisa membuatnya secara otomatis berjalan saat komputer nyala, maka kita perlu membuat otomatisasinya. Saya sendiri membuatnya dalam dua cara, yaitu dengan crontab dan meloadnya di /etc/rc.local. Nah ini caranya :

  1. Dengan mengedit file /etc/rc.local , bukalah terminal kita, lalu ketikkan sudo nano /etc/rc.local maka kita akan dibawa kedalam file rc.local. Disana tambahkanlah : sudo /opt/lampp/lampp start sebelum tulisan exit 0.
  2. Dengan crontab , buka terminal ( Aplication, Accesories, Terminal ). Lalu ketikkan perintah berikut : sudo crontab -e . Seperti biasa, kita diminta memasukkan password, isilah yang sesuai. Kalau kita disajikan dengan pilihan untuk mengedit crontab dengan beberapa text editor yang ada, pilihlah salah satu yang kita suka. Bawalah cursor kita ke bawah # m h dom mon dow command dan ketikkan perintah berikut : @reboot /opt/lampp/lampp start lalu simpanlah konfigurasi yang telah kita bikin tadi.
Untuk mengujinya, silakan reboot PC kita. Apabila saat nyala dan ternyata kita bisa menjalankan xampp atau web site lokal kita ( di localhost ) tanpa mengetikkan perintah sudo /opt/lampp/lampp start di terminal, maka artinya otomatisasi yang kita buat telah berjalan sukses. ;) , sebab kalau gagal maka setiap kali kita akan menjalankan xampp, maka yang pertama kita kerjakan adalah membuka terminal dan mengetikkan pertintah sudo /opt/lampp/lampp start. Hal yang cukup melelahkan.

Note :
  • Nano bisa diganti dengan text editor lainnya, misal vim, gedit atau lainnya.



Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :