Header Ads

Fedora 11 Desktop Linux Berteknologi Terkini

Tanggal 9 Juni yang baru lalu (Waktu Amrik tentunya) telah dirilis Fedora 11 dengan nama kode Leonidas yang sempat ditunda sampai tiga kali tanggal rilisnya. Khabar baik bagi pengguna Fedora bahwa DVD/ISO Media Installer Fedora 11 sudah tersedia di Kambing dan mirror updates Fedora 11 juga sudah terdeteksi mirror Kambing oleh yum-plugins-fastestmirror. Bravo untuk Tim Kambing! Kini untuk mengunduh dan mengupdate Fedora tidak memakan waktu yang lama karena semuanya sudah berjalan di bandwidth IIX. Satu saja yang masih ditunggu adalah Spin Everything dari Fedora Unity. Spin ini memuat seluruh repository Everyting ke dalam 4 keping DVD, jadi sangat memudahkan pengguna Indonesia yang rata-rata tidak memiliki koneksi internet yang memadai.

Janji telah terbukti (dengan instalasi Desktop tentunya) bahwa boot time memang singkat yang dibungkus dengan Graphical Boot Plymouth yang baru. Ada hal menarik bagi pengguna nVidia bahwa Fedora 11 memiliki driver nouveau sebuah driver akselerasi 3D opensource meski tidak diset secara default oleh Fedora 11. Dalam Boot Menu DVD Media installer terdapat pilihan Install system with basic videod driver yang ditujukan untuk mengatasi kesulitan instalasi lewat mode grafis, misalnya blank atau mode grafis tidak sempurna.

Ada baiknya sebelum melakukan instalasi baik fresh install ataupun upgrade untuk membaca Installation Guides dari Fedora ataupun Installation Notes lain seperti Mauriat Miranda agar terhindar dari kesulitan. Jangan lupa untuk memastikan back-up data sebelum terlanjur menghajar PC/Note Book anda. Untuk mempelajari instalasi Fedora 11 bisa disimak juga screenshot instalasi Fedora 11 dari http://www.my-guides.net yang menyuguhkan panduan instalasi Fedora dari awal sampai pasca instalasi. Atau jika tidak sabar dan ingin aman serta memastikan dukungan Hardware anda unduh dan gunakan Live CD baik GNOME ataupun KDE. Meski LiveCD, instalasi dapat dilakukan memlalui media ini.

Hal baru yang terdapat di Fedora 11 adalah Palimpsest sebuah aplikasi yang segera melaporkan deng mengetes kesehatan Harddisk PC anda. Melalui aplikasi ini dapat diketahu Temperatur harddisk serta ada atau tidaknya BadSector dalam Harddisk kita. Gnome power manager juga telah mendukung untuk Suspend dan Hibernate. VirtualBox OSE sudah terdapat dalam repository RPMFusion, sehingga mempermudah instalasi aplikasi Virtualisasi ini. Penasaran silakan coba dan ikuti diskusi di Forum Komunitas Pengguna Fedora Indonesia.

take from :: http://fedora.linux.or.id/node/33

info tentang fedora dan rilis serta download klik disini

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :