Feature Ubuntu

Sebagai sisop yang open source dan user friendly, tentunya ubuntu tidak lupa menyertakan banyak feature dalam tiap rilisnya. Mari kita lihat salah satunya :

OpenOffice


  • OpenOffice adalah salah satu suite perkantoran yang lengkap. Beberapa aplikasi  yang disertakan dalam OpenOffice dan paling sering kita gunakan adalah :
  • Word Processor, yaitu aplikasi pengolah kata, yang mana telah memenuhi standar aplikasi pengolah kata modern.Dilengkapi dengan pengolah kata juga desktop publisher. Memudahkan kita dalam membuat text dokumen, memo bahkan powerfull juga saat kita ingin menyusun sebuah buku / tulisan yang terdiri dari banyak kontent, diagram, indeks, page number, grafik, tabel dsb.
  • Spreadsheet, sebuah aplikasi pengolah data yang sering kita gunakan. Untuk pemakai awam nampaknya Spreadsheet inipun tidak terlalu sulit untuk dioperasikan.Memiliki berbagai macam fungsi dalam pengolahan data.Spearsheet ini kompatible dengan aplikasi berbayar serupa seperti Excell, yangmana memudahkan kita dalam hal kompatibilitas dokumen.Kita bisa membuka maupun menyimpan dokumen dalam format yang berbeda, tanpa diharuskan menyimpannya dalam format Spreadsheet milik OpenOffice.
  • Presentasi adalah salah satu yang kita butuhkan. Dengan OpenOfficenya pengguna ubuntu pun tidak perlu takut manakala harus membuat sebuat diagram untuk presentasi.Bahkan multimedia presentasi dengan 2D maupun 3D, clip art, special effect, animasi dan tool drawing.

Salah satu hal lain yang  memudahkan penggunanya adalah manakala ingin membuat sebuah dokumen portabel. Dengan OpenOffice kita tidak perlu mencari dan menginstall aplikasi tambahan untuk membuat file portable (pdf ) tersebut, karena ternyata ini sudah disertakan dalam Openoffice.

Evolution Mail
, berfungsi untuk mengecek email kita,mengirimnya, membuat kalendar atau mencari kontak.

Browser, telah menyertakan firefox sebagai browser standar Ubuntu, yang mana kita tahu bahwa firefox adalah salah satu internet browser terbaik dengan banyak support dan kemampuannya.Dengan tab nya firefox memungkinkan kita untuk membuka banyak halaman dalam satu jendela. Firefox adalah salah satu browser yang mampu mengembalikan status terakhir manakala ia mangalami crash, adanya built-in phissing tetector, manajemen search engine yang lebih baik dengan adanya OpenSearch support dan banyak lagi. Disini bukan berarti user tidak bisa menggunakan browser lain, karenya ternyata ubuntu juga bisa menggunakan ( misalnya ) browser opera maupun konqueror. Tinggal instal aja.

Fspot
, memudahkan pengguna ubuntu untuk mengedit dan meng upload foto-foto mereka.Memudahkan pengguna untuk mengimport foto dari hardisk, kamera maupun iPod. Mendukung banyak format gambar yang ada termasuk JPEG, GIF, TIFF, RAW. Kita juga bisa melihat foto kita dalam mode fullscreen maupun slide show. Kita tidak akan mengalami kesulitan saat harus menedit, rotasi, croping, resize, menghilangkan efek mata merah pada hasil foto menggunakan kamera digital dsb.

Musik dan Video, ubuntu telah mempersenjati diri dengan beragam aplikasi multimedia.Rhytmbox media player adalah salah satu pemutar musik dengan beragam feature. Memungkinkan user dalam mencari music library, mendengarkaninternet radio, menampilkan lirik lagu dsb. Kita juga bisa melihat film dengan Totem.Untuk aplikasi yang menangani suara maupun video ini, user bisa mendownload dan menginstallnya di sistem mereka secara gratis. Diantaranya adalah xine untuk menonton DVD juga memutar music dan VLC media player.

Game , ubuntu juga menyertakan banyak game yang bisa kita pilih dan install sesuai selera dan tujuan kita.

Desktop Envi, ubuntu memungkinkan user untuk menggunakan Desktop envi sesuai selera merea, Gnome, KDE, Xface dsb.

Jelas sekali ubuntu memiliki banyak pilihan dan kelebihan untuk kita gunakan sebagai rekan kerja dan hiburan yang baik. ;)
Feature Ubuntu Feature Ubuntu Reviewed by Joherujo on November 20, 2009 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Diberdayakan oleh Blogger.