Getdeb - Gudang Software Ubuntu

Seperti kita pahami, ubuntu benar-benar memiliki dukungan yang luas. Bukan hanya secara personal tapi juga terus mendapatkan support yang luas dari komunitasnya pun pengembangnya. Saat kita membutuhkan bermacam aplikasi untuk kita gunakan dalam bekerja, entertaint maupun sekedar aplikasi kecil lainnya.

Untuk pemakai  ubuntu dan banyak lagi variannya, beruntunglah anda. Karena apa? karena kita bisa mendapatkan bejibun aplikasi dari satu situs yang men suport linux jenis ini. Coba masuklah ke http://www.getdeb.net/welcome.


Saat halamannya telah  termuat sempurna, disana pilihlah terlebih dahulu, jenis dari ubuntu kita, 9.04 atau 9.10 atau bahkan all release.Kalau kita udah memilih release nya, kini saatnya untuk menuju ke bagian Apps yang sebenarnya berisi daftar dari aplikasi yang tersedia di situs ini dan dapat di install ke sistem kita. Yap.. dapat di install jo..

Biar ga terlalu pusing dengan banyaknya aplikasi yang muncul, maka ga salah kalau kita memilih genre yang juga telah disediakan di situ. Genre ini maksudnya adalah hanya akan menampilkan daftar dari aplikasi sesuai dengan apa yang kita pilih genrenya. Kalau kita tidak memilihnya maka semua aplikasi dari berbagai genre / kategori akan ditampilkan.

Daftar Genre yang tersedia adalah :
  1. Programming
  2. Graphics
  3. Video Tools
  4. Tools 
  5. Internet
  6. Audio
  7. Office
  8. Education
  9. Science
Cukup banyak juga ya? makanya ga salah kalau kita memilih genrenya dulu biar ga puyeng nyari aplikasinya.

Kalau udah ketemu aplikasi yang kita cari, maka seperti pada tampilannya, kita tinggal click Install this now, dan aplikasi yang kita butuhkan akan segera terinstall di sistem kita. ikuti ajah langkah-langkahnya sampai selesai.




Oia, kadang untuk menginstallnya kita perlu sedikit mengedit file /etc/apt/sources.list kita, maka editlah file tersebut sesuai dengan petunjuknya.

 
Biasanya kita disuruh untuk menambahkan baris list tertentu di ubuntu kita yaitu:
deb http://archive.getdeb.net/ubuntu karmic-getdeb apps

dan itu ga terlalu susah. Cukup lakukan dengan perintah sudo gedit /etc/apt/sources.list , saat geditor udah menampilkan file sources.list maka tinggal copas aja baris itu ke dalamnya dibagian akhir file sources.list kita. setelah itu simpan dan tutup gedit nya.oiah... jangan lupa untuk mengetikkan sudo apt-get update dari terminal [ Applications, Accesories, Terminal ]


Kalau beres kita bisa segera menggunakan aplikasi pilihan kita tadi.Asoy jo...

Note :

  • Di sitenya kita bisa juga mencari program kita dengan mengetikkannya di Search pada ujung kanan bagian atas.
Getdeb - Gudang Software Ubuntu Getdeb - Gudang Software Ubuntu Reviewed by Joherujo on November 27, 2009 Rating: 5

No comments:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.