Header Ads

Ubuntu Server :: Install Desktop Environment

Ubuntu Server

Aduh kok ubuntu servernya ga ada graphical mode nya yah? Pokoknya text base banget deh. Bukannya udah dipaten harus text base, ubuntu seperti biasanya adalah sistem yang fleksibel. Dengan text base sebenarnya eksekusi program bisa lari lebih kenceng.Wus wus wus... tapi ya butuh daya ingat dan skill yang mid up ( bener ga ya mid up ? ). Ah ga usah dipermasalahkan.Yang penting mudeng alias tahu maksudnya :D

Trus kalau kita ingin nginstall ubuntu server yang seperti desktop alias pakai desktop envi baik KDE maupun Gnome gimana? Gimana Jo? Ya.. jo, kalau kita udah terkoneksi dengan jaringan internet, dari terminalnya kita ketik aja perintahnya. Oia... kita mau pakai Gnome atau KDE ? Gnome biasanya tampil dengan menu sederhana tapi comfort dalam penggunaannya, sedangkan untuk KDE, ia tampil dengan make up yang aduhai... Ibarat cantik dan manis. Pilih mana?

Langsung ajah, dieksekusi perintahnya :
  1. Untuk Gnome, dari terminal cukup ketik #sudo apt-get install ubuntu-desktop . Kalau diminta password, seperti biasanya, kita masukkan password kita saat menginstallnya. Kalau udah tunggu ajah biar instalasi berjalan sampai ujungnya. Biar ga bosen kita bisa bikin minum dulu, kopi atau susu boleh. Pengin yang dingin juga ga masalah sesuai selera. Fleksibel, layaknya ubuntu :)
  2. Untuk KDE atau KDE Desktop Envi, perintahnya hampir sama / mirip-mirip dengan yang Gnome.#sudo apt-get install kubuntu-desktop . Sama seperti instalasi sebelumnya, masukkan password dan tunggu ajah prosesnya ampe kelar.

Perlu di ingat, untuk menginstall nya, ternyata kita dikenakan tarif $0. Yap free.... Ubuntu tea. Humanity to other, for human being...

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :