Unlock Password Bios Toshiba Satellite A80

Akhirnya, jebol juga proteksi Password Bios Notebook Toshiba Satelite A80. Setelah beberapa hari ga nemu juga triknya, setelah cukup pusing kepala dibikinnya. Bongkar pasang, nyari jalur, batre dan jumpernya. Akhirnya kena juga. Kena deh lu....

Ternyata untuk memulihkan setingan bios toshiba satelite A80, ga perlu pusing-pusing, bongkar pasang casing segala. Sebelumnya udah dicoba cara-cara klasik nebak key default untuk phoenix bios nya, dengan berbagai kombinasi kata-kata. Tapi  hasilnya nihil. Sempet lama hunting juga, ngikutin materi perkuliahan di google universitat, ey.. ga masuk juga tuh materi. Apa karena saya yang emang ga lucky nemuin dosennya yah ? ;)

Udah ah, yang penting saat nulis ini, passwordnya udah bisa di "Lewat Jo". Tinggal beresin di sana-sini dikit. Oia sedikit iklan yah? Untuk dokumentasinya, kita dapat suport dari micell tuh, dengan Sonyericsson K550i    nya, so bisa dapet hasil jepretan di sini. Biarpun agak burem ( atau emang burem banget yah ? ) ga penting, yang penting ada potonya di postingan ini. hehehe....

Singkatnya gini deh, Toshiba A80 ntu memiliki key untuk mereset setingan bios. Yang jadi masalah adalah bahwa di boarnya yang dua sisi atas dan bawahnya tuh ga ada petunjuk sebagai tempat untuk meresetnya. Yang saia inget dari riset mereset bios adalah bahwa titiknya biasanya adalah jp1. Kaya di mainboard desktop. Nah dari situ, kita coba untuk mencarinya. Butuh waktu lumayan lama untuk menemukan tersangkanya.

Senjata apa yang dibutuhkan ?
  • Satu ( 1 ) AK47 alias obeng ( + )
  • Satu SS1 alias obeng ( - )
  • Satu C4 keyakinan, bahwa kita akan mampu melakukannya. hehe..

Tersangkanya kemana? ternyata dia sembunyi di balik gedung tua  eh bukan, tapi di bawah slot memori yang ada pada penampang board bagian bawah. Mungkin karena takut dengan set persenjataan kita :). Artinya untuk mengaksesnya, kita perlu membuka penutup casing bagian bawah. Agak ditengah posisinya.

Lihatlah, disana ada satu blok besar, dekat dengan kipas di bagian bawah serta titik kait untuk optical drive nya. Ya, disanalah letaknya. Serang dengan AK47 obeng +, maka akan menemukan 2 slot memori di sana.

Ini dia point to pint nya :
  1. Baiknya buka dan lepaskan baterai notebook
  2. Buka atau angkat RAM yang ada
  3. Carilah jp / pin dengan warna keemasan di bagian ujung salah satu slot Slot RAM itu
  4. Amati sebentar, apa benar dengan yang kita temukan?
  5. Kalau udah yakin, ambillah SS1 obeng ( - ), saya menggunakannya. untuk melakukan short ( menghubungkan bagian yang terpisah).
  6. Short atau hubungkan kedua  bagian pada tersangka itu selam beberapa saat. Kalau penasaran boleh sampai setengah menit. Kalau udah kesemutan, lepaskan... hehe.. :)
  7. Pasang kembali RAM, tutuplah penutup bawah yang tadi dibuka.
  8. Pasanglah baterai notebook.
  9. Pencet tombol power, tunggu dan liat hasilnya. Kalau berhasil ucapkan "Aku bisa.. Aku bisa ;) hehey.. kalau belum, coba lagi shortnya, mungkin kurang pas.
NB.
*  batre di lepas


    Harusnya, kalau semua prosesinya sesuai yang diatas tadi, kita berhasil melakukan pembobolan dengan sukses. Biar jelas ini hasil jepretan yang burem tadi. Biar burem tapi saia harap masih bisa diliat. Maklum tadi lupa ga pakai setingan makro waktu shot gambarnya.




    Dus, ini gambarnya jo...














    Unlock Password Bios Toshiba Satellite A80 Unlock Password Bios Toshiba Satellite A80 Reviewed by Joherujo on November 26, 2009 Rating: 5

    17 comments:

    1. PERTAMAX
      wakk...coba tau sebelumnya sy gak mesti bayar ke harco 350 rebu! keep up good work jo (he he ikut2an pemilik blog pake kata2 "JO"). thx atas info nya.

      ReplyDelete
    2. wedeh selamat - selamat sudah bisa menjebol toshiba

      ReplyDelete
    3. Dexact :hehey.. ga ada acara selaamatan tuh..

      ReplyDelete
    4. Jo Anonim:: PERTAMAX juga sama2 jo.. harco ? wah kenal harco yap?

      ReplyDelete
    5. gak bisa bisa tetep susah bro .............//

      ReplyDelete
    6. @Apelov : coba short-nya yakin pada tempat yang benar... dan benar-benar terkoneksi dengan obeng (-)

      ReplyDelete
    7. malah gak bisa booting nih setelah di short..knapa ya?

      ReplyDelete
    8. Harusnya ga ada masalah Kang, udah 3x kita coba (pasang password & di short lagi )pada laptop yg sama ga ada masalah..

      ReplyDelete
    9. gimana cara reset bios pada toshiba satelit A105-4547 karena tidak ada jp/pin dibawah ramya ??

      tolong yahhhh

      ReplyDelete
    10. Coba buka case, cari C88, sekitar card wifi. Angkat card wifi itu, kl ada 2 kotak solder yg kosong, coba koneksikan itu, dengan obeng atau konduktor lainnya. Sebaiknya cabut jg hardisk utk menghindari error boot windows vista-nya

      ReplyDelete
    11. Hebaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttt bos, smoga diberi keberkahan atas share ilmunya

      ReplyDelete
    12. Trims mas, udah bisa masuk ke BIOS....tapi kemudian minta password HDD......mohon pencerahan..trims

      ReplyDelete
    13. Tarjo: wah, ane udah gak ada laptop toshiba-nya euy.. biasanya gak keluar yang gituan sih.

      ReplyDelete
    14. Mantab gan, thanks buat infonya. Idup lagi nih laptop ane yg kagak mau masuk kemanapun alias ngehang dilogo toshiba doang. Semoga ilmu yg agan bagi dibales sama ilmu yg lebih banyak lagi. Amin

      ReplyDelete
    15. Amin yra.. syukurlah kalau sukses di laptop bang Ararya :) thanks

      ReplyDelete
    16. alhamdulilah akhirnya bisa juga, terima kasih bos,,,, semoga suskses selalu dan masuk surga amin

      ReplyDelete
      Replies
      1. alhamdulillah, ada komen dunia akherat nih :)Amin.. trims dah mampir gan. Sukses buat agan

        Delete

    Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

    Powered by Blogger.