Header Ads

Perjuangan Timnas Indonesia

Perjalanan Timnas Garuda di AFF Cup 2010 harus finish sebagai runner up. Dibalik semua itu, sebagai suporter timnas, aku bangga dengan apa yang diperagakan oleh seluruh pemain di lapangan hijau. Secara kolektifitas dan pola permainan, timnas kali ini jauh lebih baik dari yang pernah ada. Meski sekali lagi hasil maksimal hanya sebagai runner up, hal itu tidak mengecewakan. Karena kali ini timnas menjadi salah satu tim dengan jumlah kemenangan terbanyak dibanding peserta lainnya. 
Oke-lah kita terima hasil ini dengan kebanggaan. Kedepan dengan rasa yakin, timnas akan lebih berkembang, tentunya dengan pembenahan dari berbagai faktor. Secara khusus, aku [ dan juga pasti banyak pihak ] fokus pada PSSI dibawah komando Nurdin. Porak-poranda perjalanan timnas kita dalam kendalinya. Belum lagi mereka yang menjabat berbagai posisi di tubuh PSSI yang secara pribadi aku katakan tidak professional. Mereka semua perlu diganti. Wah jadi inget kata-kata bapak. PSSI seharusnya jadi partai terlarang. Karena secara tegas telah terlalu lama dan sering mengecewakan jutaan orang pecinta bola di tanah air :))
Satu yang jadi sorotan juga adalah politisasi timnas untuk kepentingan kelompok tertentu. Bukannya memberikan satu kesempatan untuk bisa fokus pada turnamen hingga selesai, tapi timnas seola-olah menjadi grup band yang karena sedang naik daun, hingga semua orang pengin hadir bersama-nya, termasuk politisi yang secara jelas jauh dari dunia-nya timnas.
Prestasi lain dari PSSI kali ini adalah transparannya dalam memaparkan kepayahan mereka dalam penjualan tiket pertandingan. Dan lagi-lagi menjadi sorotan. Seolah mereka tidak mau belajar dari pengalaman, hal itu terus saja terulang. Sempat berfikir, "....apakah di Indonesia ini tidak ada pihak lain yang bisa dipercaya untuk mendistribusikan penjualan tiket pertandingan, hingga tidak terpusat di satu lokasi? " Apa jadinya kalau suporter dari seluruh negeri ngumpul jadi satu hanya untuk mendapatkan tiket? Belum lagi dengan jadwal penukarannya yang juga bermasalah?
Ah.. daripada ngomongin yang negatif terus, mending kita positive thinking & tentu-nya juga be do'a agar timnas ke depan akan mampu meraih prestasi tertinggi dan PSSI bisa menjelma jadi badan pegurus sepakbola yang professional yang mampu mengemban misi memajukan dunia sepakbola di Indonesia serta menjadikannya satu kebanggaan nasional.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :