Setup Mobile Broadband / Dialup Connection Di Ubuntu 10.10 Dengan Modem ZTE MF626

Setup Dialup Connection Di Ubuntu 10.10  Dengan Modem ZTE MF626

ZTE-MF626
Dengan menggunakan ubuntu, apabila kita akan melakukan setup untuk koneksi internet menggunakan modem usb ternyata sangat mudah. Bahkan 1 menit jadi, atau tidak sampai 2 menit-lah. Dulu pernah juga kita setup koneksi internet dengan usb modem  Huawei E156G dan indosat M2. Karena disini telah disediakan seting untuk beberapa operator di Indonesia. Meski begitu, apabila operator yang kita pilih ternyata tidak masuk dalam list disana, kita juga masih bisa melakukan konfigurasi secara manual.

Nah mari kita coba untuk membuat koneksi internet dengan mobile usb modem atau di sini dikenal dengan istilah mobile broadband.

1. Buka Network Connection. Pilih Mobile Broadband. Secara default apabila kita  belum pernah membuat satu koneksi mobile broadband, maka disana akan terlihat kosong. Klick Add


Network Connection


2. Setup Mobile Broadband Connection. Kebetulan disini modem yang saya gunakan sudah dapat terdeteksi oleh Ubuntu 10.10, sebagai ZTE CDMA Technologies MSM. Lupakan kata CDMA dan klick Forward.
Modem Langsung kedeteksi jo..
3. Choose your provider's Country. Pilih Indonesia. Karena ubuntu sebenarnya teleh menyiapkan konfigurasi untuk beberapa provider yang ada, jadi pilihlah sesuai dengan negara kita berada. Forward
Pilih Negara, saya pilih Indonesia

4. Choose your Provider. Seperti tadi sempat kita singgung, Ubuntu telah menyediakan konfigurasi untuk beberapa provider. Tinggal pilih dan ikuti step berikutnya, apabila ternyata provider yang kita gunakan ternyata telah tersaji. Untuk yang belum disajikan menu instannya :D tenang aja jo, kita masih bisa melakukan setup manual untuk menamai koneksi kita dulu. Sebab bagian konfigurasi sebenarnya nanti ada pada langkah selanjutnya.
Pilih provider
Pilihlan radio button I can't find my provider and I wish to enter it manually :

Ketik Nama Koneksi Kita

Pada Provider, kita ketikkan nama provider kita. Disini [sebagai contoh] saya menggunakan 3 untuk koneksi internet ini. 

Ketikkan saja 3data.

Oia sebelumnya kita daftarin saja dulu kartu 3 kita untuk berlangganan internet sesuai paket yang ada, misal paket 1 bulan. Biar tarifnya lebih hemat jo. Sudah hampir semua operator pernah saya pakai sebenarnya sih ;) Forward

5. Confirm Mobile Broadband Settings. Klick Apply
Konfirmasi Mobile Seting

6. Nah disini kita akan melakukan konfigurasi secara manual :
Edit Koneksi
Connection name : 3data conection 1, saya ganti dengan 3data [biar simple aja]
Number : *99# adalah nomer standar untuk koneksi GSM


Username 

Password

APN
: 3data

: 3data

: 3data

Yang lainnya biarkan default.

Supaya kita langsung terkoneksi secara otomatis, maka checklist-lah Connect automatically. Close jendela Network Connection.  
Isi password koneksi kita

Kalau muncul pertanyaan seperti diatas, A password is required to connect to '3data'. Isi saja dengan 3data

Wah, dapet bonus ga yah dari mobinil atau-pun 3? :D Ok jo.. happy surfing :D
Setup Mobile Broadband / Dialup Connection Di Ubuntu 10.10 Dengan Modem ZTE MF626 Setup Mobile Broadband / Dialup Connection Di Ubuntu 10.10 Dengan Modem ZTE MF626 Reviewed by Joherujo on February 06, 2011 Rating: 5

9 comments:

  1. kalo pake smart gimana settingnya?
    aku mau pindah ubuntu, tapi masih pikir2 dulu takut gak support sama modemku

    ReplyDelete
  2. Agung : Untuk smart kita harus menggunakan modem CDMA, dan cara setingnya ada juga di blog ini yaitu "Koneksi Internet Smart Dengan Modem AC2726".

    Untuk mengetahui suport atau tidak modem kita, (kalau kita belum menggunakan ubuntu) sebaiknya gunakan Live CD atau Live USB yang masternya bisa kita download langsung di situs ubuntu.com ataupun mirror-nya. Karena dengan Live CD/USB kita bisa menjalankan linux langsung dari CD atau USB Flashdisk tanpa perlu menginstall-nya ke hardisk..

    ReplyDelete
  3. wah berguna banngeett..
    Thx :)

    ReplyDelete
  4. mas saya pake T-sel gimana caranya? ga jauh beda kan?

    ReplyDelete
  5. di ubuntu saya kok ga ada milih providernya ya ?

    kira2 kenapa ya ?

    mohon pencerahaannya

    makasih

    ReplyDelete
  6. encime : mungkin ada proses yang terlewat, coba back kembali atau ulangi stepnya dari awa. Sebenarnya untuk provider kita bisa seting di akhir juga waktu menentukan apn, user, dialup number dan nama koneksi kita.

    ReplyDelete
  7. Bintang :ya secara prinsil sama, yang beda adalah di apn, user dan password. silahkan sesuaikan dengan provider yang kita pilih.

    ReplyDelete
  8. Gimana caranya yah supaya konek???semuanya udah beres...udah aku centang juga connect automaticallynya...tapi koq tetap gak konek???

    ReplyDelete
  9. Agung S Rohutomo : Untuk smart, saya pake modem cdma AC2726 koneksi cepat & setup di ubuntu juga tidak ribet.. cek http://joherujo.blogspot.com/2011/03/koneksi-internet-smart-dengan-modem.html

    ReplyDelete

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.