Header Ads

Background Slide Show Di Ubuntu

Pasti kita sudah tahu kalau dalam ubuntu  ada slideshow background, yaitu cosmos. Coba check di System | Preferences | Appeareance. Kemudian buka tab Background. Disana ada banyak pilihan background yang ada. Kita bisa menambahkan atau mengurangi jumlahnya.

Coba lihat, disana ada cosmos sebagai salah satu pilihan background kita. Kalau diamati sejenak, tentunya cosmos ini berbeda dengan background yang lain, karena dibawahnya terdapat tanda segitiga dan saat cursor kita disana maka akan muncul teks seperti ini


Artinya kurang lebih seperti ini :
Cosmos adalah sebuah slideshow desktop background, dengan resolusi picture sebesar 1024 x 768 yang ada di folder /usr/share/background/cosmos
 Setelah tahu yang dimaksud, kemudian saya coba check ke lokasi di /usr/share/background/cosmos. Isinya adalah seperti ini :


Ada 9 buah file .jpg dan 1 file .xml.

Kita bisa simpulkan kalau 9 file .jpg tersebut adalah file yang digunakan sebagai sildeshow background  dan tentunya  bisa diganti dengan file yang lain. Nah yang mengatur itu adalah file background-1.xml.

Coba buka file background-1.xml tersebut, lihat isinya. Kemudian kita edit  menjadi  [ misal ] seperti ini :


Screenshot background-1.xml

Dengan merubah nama file asli menjadi file 1.jpg - 9.jpg yang sebelumnya kita copy ke folder /urs/share/background/cosmos maka file asli tadi akan digantikan dengan file 1.jpg - 9.jpg.

Tidak harus sama persis diatas, kita bisa saja merubah path dari file yang akan kita gunakan untuk slideshow background. Disini sebagai contoh saja biar lebih mudah.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :