CD/DVD Burning Alternatif Di Ubuntu

Kalau kita sering melakukan burning data ke CD/DVD di ubuntu, maka umumnya kita akan menggunakan Brasero Disc Burner yang merupakan paket standar CD/DVD burner di ubuntu. Apabila belum memilikinya di sistem ubuntu, kita bisa menginstallnya disini.   Tapi sebenarnya dalam dunia linux, termasuk ubuntu ada banyak program serupa yang bisa jadi alternative kita untuk melakukan backup data ke CD/DVD.

1.  K3B - KDE Burning Tool

K3B merupakan CD/DVD burner yang menjadi default pada K Desktop, seperti Kubuntu. Apabila kita menggunakan Gnome desktop-pun masih bisa menginstallnya di komputer kita. Klik disini untuk menginstall di ubuntu.
K3B

2. SimpleBurn for Linux

SimpleBurn merupakan aplikasi burner dengan tampilan sederhana dengan dependency yang minimal pula. Menggunakan interface GTK2 lib sebagai interface untuk melakukan burning, dengan menggunakan tool CDRT (cdrecord, cdda2wav, miksofs) atau CDRKit (wodim, icedax, genisoimage). Untuk download dan cara installnya, langsung saja meluncur ke lokasi.

3. XFburn for Linux

XFburn adalah sebuah tool untuk melakukan burning ke CD/DVD.Xfburn sebenarnya terintegrasi dengan desktop xfce, tapi tetap saja bisa dipasang kedalam linux desktop environtment lainnya.
Install di ubuntu atau Install pada distro lainnya.

xfburner


4. Nero for Linux

Hampir semua orang kenal dengan aplikasi ini. Yap, nero bisa dikatakan sebagai aplikasi wajib bagi pengguna windows apabila mau melakukan burner CD/DVD. Nero sendiri merupakan aplikasi komersial yang artinya kita tidak bisa mengapatkan dan atau menggunakannya secara bebas, tapi ada satu nilai yang harus dibayarkan apabila ingin memilikinya.

Demikian juga untuk penggunaan di linux, tapi kita masih bisa mendownload dan mencobanya sebelum memutuskan apakah akan membeli lisensi Nero for Linux.

5. CDRDAO ( CD Recording Disk At Once )Command Line Tool

CDRDAO merupakan aplikasi CD burner open source untuk Windows, Mac dan Linux. CDRDAO dijalankan dari terminal dan tidak memiliki tampilan grafis. Info 

6. GnomeBaker Burning Tool
GnomeBaker Burning Tool adalah sebuah aplikasi burner geratis dan opensource yang ada di linux. Seperti namanya, GnomeBaker Burning Tool merupakan aplikasi burner CD/DVD yang berbasis desktop gnome.
Pastinya kita juga bisa menginstall di ubuntu atau meluncur ke website dan download installernya.
GnomeBaker

Segitu dulu jo.. bisa juga kita menggunakan image burner nya windows, dengan menggunakan bantuan wine. Coba dech.. :)
CD/DVD Burning Alternatif Di Ubuntu CD/DVD Burning Alternatif Di  Ubuntu Reviewed by Joherujo on April 07, 2011 Rating: 5

No comments:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.