Header Ads

Menghentikan Proses/Aplikasi di Ubuntu

Pada suatu ketika, kita sedang menggunakan komputer dengan benyak aplikasi yang dijalankan padahal resource dari komputer yang kita gunakan tidaklah mumpuni.

Akibatnya? Lemot abis. Ketika itu terjadi, mungkin kita ingin sesegera mungkin menutup aplikasi/proses yang sedang berjalan disistem.

Dikliklah tombol Close, tapi sayang tidak memiliki efek yang cepat :( hikss.. Dulu saya sendiri pernah memiliki pengalaman seperti itu.

Sebenarnya tidaklah susah apabila kita ingin menghentikan aplikasi atau proses yang sedang berjalan di sistem linux kita. Saya menggunakan ubuntu sebagai sistem operasi favorit :) it's free and legal + easy to use.

Ada 3 cara yang biasa saya pakai untuk menghentikan proses/aplikasi aktif di ubuntu :
  1. xkill
  2. top
  3. System Monitor
Ketiganya bisa kita gunakan. Caranya sebagai berikut :

1. xkill dengan mengetikkan perintah xkill di terminal / console dan pilih jendela yang sedang aktif yang akan kita tutup.

2. top, hampir sama dengan xkill. Ketikkan perintah top di terminal/console, maka kita akan bisa melihat proses/aplikasi/service yang sedang berjalan dikomputer kita.

Untuk menghentikannya cukup dengan mengetikkan perintah kill + no PID.
Contoh :

kill 9042

3. System Monitor, cara menggunakannya adalah dengan menjalankan aplikasi berbasis grafis ini. Ketikkan di Application Launcher ubuntu menggunakan key "System Monitor"

Ketika itu muncul maka kliklah aplikasi tersebut akan otomatis berjalan. Untuk menghentikan aplikasi/proses cukup dengan meng-klik kanan di aplikasi dimaksud dan pilih Kill Prosess

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :