Install Screensaver di Ubuntu 12.04 LTS

Xscreensaver
Ubuntu 12.04 LTS hadir tanpa screensaver. Dan dalam paketnya, apabila kita menginstallnya maka kita hanya mendapatkan black screen ketika layar kita tidak ada aktivitas. :(

Saya gak tahu apa alasannya untuk tidak menyertakan screensaver di Ubuntu 12.04. Meski Ubuntu 12.04 LTS ini akan segera digantikan oleh 12.10 dalam waktu dekat ini, tapi tetap saja timbul keinginan agar saya memiliki screensaver di komputer saya.

Akhirnya kepikiran lagi untuk menginstall Xscreensaver. Yah Xscreensaver adalah sebuah paket screensaver yang jalan di Linux termasuk Ubuntu.

Installasi, dari terminal ketikkan perintah berikut ini :

sudo apt-get install xscreensaver xscreensaver-data-extra xscreensaver-gl-extra

Setelah selesai, maka kita bisa mengatur Xscreensaver. Tapi ketika hendak mengatur screensaver dengan mengetikkan screensaver di Dash Home, maka kita akan diberitahu bila ada Gnome Screensaver Daemon yang berjalan.
Gnome Screen saver Daemon

Agas Xscreensaver bisa berjalan normal, maka kita dianjurkan untuk menghentikan Gnome Screensaver Daemon yang sedang berjalan tadi dengan meng-klick Ok.

Tapi sebaiknya kita menguninstallnya, dengan perintah :

sudo apt-get remove gnome-screensaver

Jalankan Xscreensaver dari Dash/launcher dengan mengetikkan screensaver & lakukan pengaturan sesuka kita :)
Install Screensaver di Ubuntu 12.04 LTS Install Screensaver di Ubuntu 12.04 LTS Reviewed by Joherujo on October 15, 2012 Rating: 5

1 comment:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.