Header Ads

Review Speaker F&D A330U

Speaker menjadi salah satu media yang kita butuhkan, khususnya untuk menikmati audio yang dihasilkan oleh sound card dari komputer maupun laptop kita. Dipasaran banyak sekali pilihan speaker dari berbagai range harga serta produsen yang menyediakan produknya.

Kali ini saya coba untuk sedikit mereview sebuah speaker multimedia 2.1 system, Fenda F&D A330U.

F&D A330U ini terdiri dari :
  • 2  satelit speaker dengan driver 2,5" full range
  • 1 Subwoover, 6,5"
Setup
Untuk melakukan setup speaker ini sama sekali tidak mengalami kesulitan sejak pertama kali mengeluarkan dari box-nya, mengatur volume, trible dan bass juga pasti tidak akan mengalami kesulitan.

Setiap konektor audio input maupun output telah didesain dengan penggunaan wana berbeda. Hal ini tentunya sangat membantu kita untuk melakukan setup, bahkan orang yang awam-pun akan terbantu dengan hal ini.

Untuk menghubungkan unit speaker ini digunakan kabel RCA yang telah disertakan pada paket pembeliannya.

Desain
Dengan dibalut warna hitam pekat pada kedua satelit speaker dan  subwoovernya memberikan kesan serius tetapi terlihat elegan berkat adanya list golden dan silver yang juga dipadu dengan warna emas pada kedua satelit speakernya.

Kualitas Suara

Speaker ini mampu menyuguhkan kualitas suara yang baik dengan adanya kombinasi driver satelit speaker yang 2,5" dengan subwoover 6,5".

Saat digunakan untuk mendengarkan berbagai genre musik, speaker ini bisa menyajikannya tanpa kepayahan dan kualitas suaranya terdengar kalem dan natural. Mungkin hal ini tertolong oleh daya yang ada pada speaker ini yang sebesar 56 watt jika dibanding dengan speaker lain yang sekelas.

Kita bisa mengatur level bass dan trible pada speaker ini karena memang telah disediakan pengaturan untuk bass, trible dan volume. Aturlan sesuai dengan selera dengar dan jenis musik yang kita mainkan.

Ketika kita gunakan untuk memutar film maupun bermain game, speaker ini meskipun cuma memiliki desain 2.1 tetapi sudah bisa menampilkan emosi dari game dan film tersebut dengan baik.

Khusus untuk film, untuk mendapatkan sensasi yang lebih baik, kita bisa melakukan pengaturan mode audio pada player yang kita gunakan.

Plug & Play USB dan Memory SD Card

Sepertinya Fenda Audio sengaja membuat speaker ini bisa memainkan musik secara langsung dari USB maupun SD Card. Hal ini tentunya menjadi point positive yang bisa memberikan pilihan lebih luas dalam menangani input selain dari komputer/laptop, handphone, ipod ataupun mp3 player.

Data Teknis F&D A330U 2.1 Multimedia Speaker System  
  • Satelite Speaker : 14 watt RMS per channel
  • Subwoover : 28 watt RMS subwoofer
  • Frekuensi respon : 2000Hz - 20kHz & 65dB
Kesimpulan
  1. F&D A330U merupakan speaker 2.1 channel yang memiliki kualitas baik ketika kita gunakan untuk memutar musik, bermain game maupun menonton film meskipun bukan sistem 5.1 channel.
  2. Apabila kita termasuk orang yang menyukai keseimbangan tone, speaker ini bisa diandalkan, tetapi jika mendambakan speaker dengan tendangan bass kuat dari subwoovernya, F&D A330U ini mungkin kurang cocok dijadikan pilihan, karena meskipun mampu memberikan nada bass berkualitas, tetapi feel dari powernya terasa kurang bertenaga (menghentak), tetapi justru itulah yang menjadi kelebihan speaker ini yaitu menyajikan keseimbangan tone dengan karakter dan kualitas yang dimilikinya.
  3. Jika melihat dari range harga yang ditawarkan, jelas F&D A330U ini sangat layak untuk masuk audisi anda, untuk range harga dibawah Rp.500.000
Atau mungkin tertarik dengan speaker 5.1 channel? Ada juga speaker 2.1 channel lainnya.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :