Header Ads

Indocomtech Mau Seperti CES Las Vegas

Joherujo : Bisa dipastikan bahwa banyak sekali orang yang sering mendengar Consumer Electronics Show atau biasa disingkeat dengan nama CES yang diadakan di Las Vegas USA.

Hal tersebut rupanya menjadi acuan bagi penyelenggaraan Pameran komputer tahunan di Jakarta, seperti Indocomtech. Namun untuk eksebisi kali ini dan setelahnya, pihak Amara Pameran Internasional (API) selaku organizer menginginkan adanya sedikit perubahan.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur API Sri Vista Limbong. "Sesuai dengan tema 'Digital Life' Indocomtech tahun ini, kami ingin agar pengunjung bisa mendapat pengalaman yang berbeda," usai pembukaan Indocomtech 2014 di Jakarta Convention Center, Rabu (29/10/2014) kemarin.

Vista hendak mendorong para peserta pameran agar menyajikan kegiatan-kegiatan lain yang unik di luar jualan. Dia mencontohkan stand Taiwan Excellence yang menggelar demo produk aneka produk unggulan dari Taiwan, juga Intel yang menyediakan headset virtual reality Oculus Rift di stand miliknya.

Diharapkan nantinya  pengunjung pameran bisa merasakan sesuatu yang berbeda, tak hanya melulu soal penjualan langsung ke konsumen, tetapi menjadikan pameran Indocomtech mirip gelaran akbar Consumer Electronics Show (CES) yang digelar tahunan di Las Vegas, Amerika Serikat.

"Di sana (CES) itu banyak sekali demo teknologi yang bersifat B2B (business to business) seperti smart TV, 3D glass, dan lain-lain. Memang ada juga transaksi, tapi kebanyakan untuk urusan branding," kata Vista.

Vista memperkirakan bahwa dari sekitar 300 peserta pameran Indocomtech 2014, sebanyak 5 hingga 7 persen di antaranya sudah aktif menawarkan experience seperti yang diinginkan. Contohnya Taiwan Excellence dan Intel tadi.

Kendati demikian, Vista mengakui bahwa pada akhirnya aspek Business to Consumer (B2C) alias penjualan langsung tetap mengambil porsi terbesar di pameran. "Soalnya, pameran yang murni B2B itu sulit diwujudkan di Indonesia. Kebanyakan pasti ujung-ujungnya Business to Consumer."

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :