Header Ads

Jalan Panjang Menggunakan Ubuntu

Sampai hari ini saya menggunakan Ubuntu ternyata udah berlalu dalam rentang waktu yang cukup lama. Meskipun awalnya bukan orang yang menggunakan ubuntu, tapi akhirnya saya jatuh hati pada platform yang satu ini.

Masih ingat dulu saat-saat awal memilih sistem berbasis ubuntu ini banyak dan cukup sering ganti-ganti sistem. Tapi itu dulu :) sekarang udah kaga ganti-ganti lagi. Paling juga upgrade ke versi yang lebih baru.

Kenapa milih ubuntu? Kenapa yah? Karena saya merasa lebih nyaman menggunakannya. Ubuntu, meskipun berbasis linux tetapi tidaklah sulit untuk dipahami. Masih lebih serem fikiran orang tentang rumitnya menggunakan linux. Aw.. emang serem ya?

Sebenernya sih dari pemantauan dan pengamatan serta penyelidikan pribadi, saat ini linux jauh lebih mudah jika dibandingkan linux pada generasi awal.

Jadi ingat lagi waktu dulu nyoba linux dari temen di Jepang, yang installasinya masih sangat primitif. Bahkan setelah berhasil menginstall-pun masih berasa bingung mau ngapain. Ngeliatin layar hitam dengan kursor putih? wkwkwkwk..

Bayangan waktu itu adalah "Coba kalau linux ini telah seindah windows 9x ataupun sistem operasinya apple." Hahaha.. bagaimana tidak? untuk menjalankan xwindow (antar berbasis grafik) pun masih harus menjalankan perintah berbasis text di terminal.

Jadi, inilah linux yang telah banyak mengalami perkembangan dari waktu kewaktu. Intinya adalah, jangan takut untuk mencoba menggunakan linux sebelum kita pernah mencobanya dan belajar memahami.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :