Header Ads

Amankan Perangkat Android Dari Virus!

Joherujo : Sistem operasi apakah yang paling populer dalam dunia gadged saat ini? Android! Yap, Android adalah penguasa sistem operasi mobile saat ini yang jauh mengungguli iOS, Windows Mobile, Blackberry dan lainnya.

Salah satu faktor yang membuat Android memimpin adalah ketersediaan perangkat yang melimpah dengan range harga bervariasi dari harga terendah hingga perangkat Android premium dengan harga yang wah.

Hal tersebut semakin didukung dengan melimpahnya aplikasi-aplikasi Android yang bisa kita peroleh di Playstore dari yang free maupun berbayar.


Karena kepopulerannya tersebut, sudah tidak aneh jika perangkat Android menjadi salah satu target sasaran serangan virus.

Nah, bagaimana caranya kita bisa mengamankan perangkat Android dari virus?

1. Pasang Anti Virus Android
Sudah pasti ini adalah salah satu cara yang efektif untuk mengamankan perangkat Android kita dari serangan virus. Tapi tidak sekedar memasangnya, kita juga harus selalu mengupdate anti virus tersebut.

2. Gunakan Aplikasi Dari Sumber Terpercaya
Aplikasi Android memang sangat melimpah dan kita tidak sulit untuk mendapatkannya. Tapi kita tidak boleh gegabah dalam mengunduh dan menginstallnya diperangkat kita. Sebaiknya perhatikan sumber dan developer aplikasi tersebut. Sebisa mungkin dari pengembang yang telah dikenal ataupun memiliki rating yang baik.

3. Waspada Dengan "Sumber Tak Dikenal" / Unknown Source
Kita kadang tanpa disadari telah memberikan akses untuk aplikasi yang kita install bukan berasal dari PlayStore dengan cara mengaktifkan Unknown Source / Sumber Tak Dikenal yang mengijinkan aplikasi tersebut untuk mengakses/terinstall di perangkat Android kita.

4. Aktifkan Verifikasi Aplikasi
Ini adalah salah satu fitur keamanan yang disediakan oleh Android untuk melindungi perangkatnya. Untuk mengaktifkannya bisa melalui Settings - Security pada perangkat Android.

5. Update Sistem Operasi
Sebaiknya kita juga mengupdate sistem operasi / versi yang digunakan dengan versi terbaru yang dilengkapi dengan fitur-fitur lebih baik, termasuk dari sisi security-nya.

Demikian sedikit tips untuk perangkat Android :)

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :