Header Ads

Cara Import Blog/Website Joomla Ke Blogger

Joherujo : Bagaimana sih caranya mengimport kontent dari joomla ke blogger? Mungkin ini terkesan mengada-ada. Ada-ada aja sih? Biasanya kan import dari blogger ke joomla.

Begitu memang kira-kira. Tapi yang ini benar-benar bisa dilakukan :) Lalu caranya gimana?

1. Install Wordpress
  • Setelah kita install, langkah selanjutnya adalah memasang Plugin FG Joomla to WordPress yang nantinya berguna untuk mengimport kontent dari Joomla ke Wordpress. 



Lah katanya import dari Joomla ke Blogger? 
Iya, sabar dulu jo, adalah langkah-langkah yang harus kita kerjakan sih. Lanjut..

  • Aktifkan FG Joomla to Wordpress dari dashboard Wp yang telah kita install tadi, kemudian aktifkan. 
  • Untuk mengimport kontent Joomla, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik menu Tools - Import dan melakukan pengaturan (Parameter) FG Joomla to WordPress yang meliputi :
  1. Hostname
  2. Port
  3. Database
  4. Username
  5. Password
  6. Joomla Table Prefix
  7. dll 
  • Sebelum melakukan import, kita bisa mencoba Test the Connection untuk memastikan seting parameter dari website joomla yang kita import telah benar.
  • Jika semua sudah benar, segeralah untuk mengklik tombol Import content Joomla to Wordpress dan tunggu prosesnya sampai selesai.
Jika import kontent telah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan melihat hasil dari importtadi. Bukalah halaman depan, bisa juga dengan meng-klik Posts dari Dasboard Wp kita. 

Jika disana telah terdapat banyak artikel, sesuai dengan jumlah yang berhasil kita import, artinya kita telah berhasil mengimport konten website Joomla ke Wordpress.

Karena kita akan melakukan memindahkannya ke Blogger, maka masih ada Next Stepnya. Apa itu?

2. Export Wordpress dengan mengklik menu Tools - Export dan tentukan pilihan apa saja yang akan kita export. Wordpress akan memproses file export dalam bentul XML, simpan file tersebut.

3. Convert file XML Wordpress tersebut ke format XML Blogger. Caranya adalah dengan mengupload file XML hasil export Wordpress di website http://wordpress2blogger.appspot.com/ Selanjutnya klik Convert, tunggu prosesnya selesai yang akan menghasilkan file XML Blogger.

4. Import
Tahap terakhir adalah dengan mengimport file hasil konversi tadi yang telah sesuai dengan format XML Blogger.

Caranya dengan masuk ke menu Setting - Other - Import Blog.  Browse file hasil convert Wordpress2Blogger lalu lakukan proses import, tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Nah begitulah proses import blog Joomla ke Blogger. Ups, kalau import dari Wordpress ke Blogger bisa juga dong?

Yup.. itu bonus! :)





Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :