Header Ads

Tips Menulis Artikel Blog Yang Baik

Joherujo : Artikel merupakan roh dari suatu blog ataupun website, karena tanpa artikel yang diupdate secara kontinyu dan berkualitas maka blog kita tidak akan bisa berkembang, kalaupun berkembang itu akan butuh waktu yang sangat lama. Ibarat kita menanam pohon tanpa memberikan perawatan yang semestinya.

Dalam kaitannya dengan penulisan artikel blog, kita bisa memiliki beberapa pedoman yang bisa dipegang. Pedoman-pedoman tersebut antara lain adalah :

1. Menulis kontent original dan unik
Meskipun kita bebas menulis artikel, tetapi tulisan yang original selalu mempunyai nilai positif menurut mesin pencari seperti Google.

Tiap blogger tentunya memiliki gaya tersendiri, jadi gak ada salahnya kita menonjolkan gaya penulisan sendiri. Konon, kontent yang original dan unik itu akan memberi nilai positif pada blog yang kita kelola daripada kita sekedar copy paste kontent blog orang lain.

2. Cobalah Membuat artikel yang sesuai dengan topik blog
Yang dimaksud artikel sesuai dengan topik blog adalah kita tidak keluar jalur dari blog yang kita kelola.

Misalkan kita mengelola blog tentang fotografi, maka sebisa mungkin kita menulis artikel-artikel yang semuanya berhubungan dengan fotografi, contohnya adalah kupaskamera.com dimana dalam artikel-artikelnya terfokus pada fotografi.

Keuntungannya adalah, blog kita akan mudah ditemukan oleh mesin pencari karena kontent yang terfokus pada topik tertentu.

Tapi, bukan berarti kita tidak boleh menulis blog dengan topik yang beragam. Seandainya kita menulis blog dengan topik yang beragam, pastikan kita harus rajin mengupdate isi blog tersebut.

Keuntungannya adalah kita memiliki lebih banyak materi dengan topik yang beragam jika dibandingkan dengan blog yang terfokus pada satu topik tertentu.

3. Manfaatkan Google Adword Tools
Kata kunci merupakan senjata kita supaya artikel kita populer. Artinya kita harus pandai-pandai memiliki kata kunci yang tepat dalam penulisan artikel maupun dalam membangun suatu blog atau website.

Dengan menggunakan tools dari Google ini, kita akan dimudahkan dalam memilih keyword terbaik yang akan kita gunakan.

4. Pemilihan judul yang tepat (mengandung keyword dan juga deskripsi)
Judul yang baik adalah bisa menjelaskan isi tulisan. Selain itu juga mengandung kata kunci (keyword) dari artikel serta deskripsi yang baik.

5. Gunakan Scheduling ( Jadwal )
Meskipun kita memiliki tulisan yang melimpah, tetapi tidak dianjurkan untuk mempostingnya pada waktu bersamaan, atau dengan jeda yang singkat.

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan scheduling pada artikel yang akan kita posting, sehingga kemunculannya bisa lebih baik. Misalnya memilih waktu terbaik dimana banyak visitor yang mengunjungi blog kita berdasarkan statistik website.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :