Lucoms, Komputer Seukuran Flashdisk Yang Mampu Menjalankan Windows 10

Joherujo - Apa jadinya jika sebuah komputer atau CPU itu berukuran flashdisk? Tentunya akan jadi sangat ringkas dan sama sekali tidak memakan tempat.


Tapi, apakah ada komputer yang seukuran itu saat ini? Jawabnya adala Lucoms. Lucoms adalah sebuah komputer berukuran mini, seperti flashdisk yang mampu menjalankan sistem operasi Microsoft Windows 10.

Dengan memiliki panjang 11 cm dan bobot 46 gram, kurang lebih sebanding dengan USB flash disk atau dongle, tapi bisa menjalankan  sistem operasi Windows 10. Rencananya Lucoms  akan diluncurkan Microsoft pada sekitar pertengahan tahun 2015.

The Register, Senin (23/3/2015) memberitakan bahwa komputer mini bernamaLucoms itu diperkenalkan di Korea Selatan oleh Microsoft yang tak lain dan tak bukan adalah sang pembuat Windows 10.

Meskipun spesifikasinya belum diungkapkan secara detail dan hanya disebutkan bahwa ia ditenagai prosesor buatan Intel, RAM 1 GB/ 2GB, serta media penyimpanan 16/ 32 GB yang masih bisa dikembangkan lebih lanjut dengan memakai kartu memori micro-SD hingga 64 GB.

Lucoms menyalurkan output display lewat port HDMI yang bisa ditampilkan oleh monitor atau televisi. Sebuah port USB dan mini-USB masing-masing disertakan untuk keperluan memasang aksesori USB dan memasok daya listrik.

Konsep komputer mini seperti Lucom terdengar masuk akal di Korea Selatan, karena warga disana banyak yang tinggal di apartemen sempit sehingga membutuhkan komputer berukuran mini. Sebuah PC yang bisa ditancapkan langsung ke televisi tentu akan menghemat tempat.

Lucoms rencananya bakal mulai dijual di Korea Selatan pada Mei mendatang. Namun, belum diinformasikan berapa harga dan jumlah ketersediaannya di negara lain.
Lucoms, Komputer Seukuran Flashdisk Yang Mampu Menjalankan Windows 10 Lucoms, Komputer Seukuran Flashdisk Yang Mampu Menjalankan Windows 10 Reviewed by Joherujo on Maret 24, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Diberdayakan oleh Blogger.