Header Ads

Tips Aman Menggunakan WiFi Geratis

Joherujo : Siapa sih orang yang gak senang dengan kata geratis? Hampir semua orang ingin bisa menikmati fasilitas geratis. Salah satunya adalah akses internet geratis yang saat ini mulai banyak muncul diberbagai tempat seperti mall, taman atau cafe.

Harus diingat bahwa free internet atau free WiFi Hotspot tidak selamanya aman karena setiap orang bisa menggunakan pada waktu bersamaan. Dan kita tidak tahu apa yang sedang mereka lakukan dalam satu jaringan yang sama dengan kita.

Jangan sampai data-data pribadi kita bisa diretas oleh orang-orang yang melakukan kejahatan cyber seperti yang pernah diungkapkan oleh Europol sebagai badan penegak hukum Uni eropa.

Tapi bukan berarti kita tidak boleh terkoneksi dalam jaringan hotspot tersebut, yang harus diperhatikan adalah kewaspadaan dan selalu ingat dengan kata "Secure" atau keamanan.

Nah agar kita bisa meminimalisir tindak kejahatan cyber, bisa menggunakan tips berikut :

  1. Ubah mindset "Ingin geratisan" menjadi "Harus aman"
  2. Jangan pelit bandwidth. Lebih baik menggunakan bandwidth sendiri daripada mengambil resiko yang lebih besar dalam mengakses internet. Apalagi biasanya akses di area hotspot tidak selalu bagus atau sekencang jaringan yang kita gunakan dan berbayar :)
  3. Hindari transaksi online diarea wifi, termasuk yang memasukkan data login (user nama dan password, pin dll)
  4. Gunakan https yang lebih aman saat browsing
  5. Saat ditanya oleh perangkat kita tentang jaringan free hotspot, selalu pilih Public Area, karena ini berkenaan dengan seting security dalam koneksi internetnya
  6. Kalau tidak yakin dengan keamanan jaringan WiFi tersebut, sebaiknya jangan masuk/menggunakannya

Nah itu beberapa hal yang bisa kita perhatikan saat akan atau sedang menggunakan jaringan internet geratis. Jika ada tips lain, silahkan tambahkan pada kolom komen dibawah :)

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :