Header Ads

Ubuntu 14.04 dan Ubuntu 14.10 Dengan Gnome 3

Joherujo : Ohya, kemarin ada kawan lama yang menanyakan, kok Ubuntu sekarang desktopnya beda ya?  Haha kemana bae sampean? Emang bener sih, Ubuntu telah menggunakan Unity sebagai antarmuka yang dipilihnya.

Tapi aku lebih suka pakai desktop yang dulu! Oh, iya, dulu Ubuntu menggunakan desktop Gnome. Tapi Gnome yang banyak digunakan oleh distro lain itu meskipun tidak digunakan oleh Ubuntu masih terus berkembang dan banyak digunakan distro besar lain kok.

Jika dulu, masih berjalan dengan Gnome 2.X saat ini Gnome telah berkembang dengan merilis Gnome 3.X.
Ubuntu Gnome
Terus, kalau saya mau install Gnome Desktop di Ubuntu 14.04 gimana?  Sebenarnya kita bisa saja menginstall Gnome 3.12 pada Ubuntu 14.04 yang dipaket dengan Unity. Tapi.. akan ada paket-paket dari Unity yang akan hilang sehingga sistem bisa jadi amburadul.

Berarti saya gak bisa install Ubuntu 14.10 dengan Gnome dong? Kenapa Ubuntu 14.04 bukan Ubuntu 14.10? Atau kalau mau install saja Ubuntu 11.04 yang bisa kamu install Gnome desktop :) hehe.. Kalau memang mau memakai Gnome 3 bersama ubuntu, sebaiknya kita install Ubuntu Gnome saja yang secara khusus telah dikemas dengan Gnome sebagai desktop defaultnya.

Kalau penasaran mau install Gnome 3 di Ubuntu 14.04, pastikan terkoneksi ke internet dengan kecepatan yang memadai dan juga koneksi yang stabil, lalu coba pake cara ini :

sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3
sudo add-apt-repository ppa:gnome3-team/gnome3-staging
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade

Jika mau menginstall berbagai aplikasi lain yang tidak disertakan seperti gnome-weather, gnome-maps, gnome-photos dan gnome-music, lanjutkan dengan perintah :

sudo apt-get update
sudo apt-get install bijiben polari gnome-clocks gnome-weather gnome-maps gnome-music gnome-photos gnome-documents gnome-contacts epiphany-browser gnome-sushi gnome-boxes gnome-shell-extensions

Punya CD Image-nya? Mau dong, kan  praktek duplikasi Ubuntu dan linux itu legal?  Wah.. wah saya gak punya CD image-nya tuh :) Tapi kalau memang serius mau install Ubuntu Gnome, bisa kok mendownloadnya! Versi 14.04 atau 14.10? Ok, silahkan pilih dah mana yang kamu mau :
  1. ubuntu-gnome-14.04-desktop-i386.iso
  2. ubuntu-gnome-14.04-desktop-amd64.iso
  3. ubuntu-gnome-14.10-desktop-amd64.iso
  4. ubuntu-gnome-14.10-desktop-i386.iso
Eh.. eh.. nanti kalau udah download, tolong bagi DVD atau image file-nya ya? Kan itu praktek yang legal :)

Oh ya, ada baiknya coba dulu menjalankan Ubuntu Gnome tanpa harus menginstallnya di komputer, kecuali sudah benar-benar yakin!

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :