Header Ads

Kelompok Hacker Paling Ditakuti Di Dunia

Joherujo - Seiring kemajuan teknologi informasi, maka masyarakat semakin sering menggunakan media-media yang terkoneksi dalam jaringan internet.

Sadar atau tidak, aktivitas manusia di internet tidak terlepas dari resiko yang membayangi. Tidak hanya personal, bahkan corporate juga memiliki resiko keamanan, bahkan bisa jadi jauh lebih besar, karena sekarang makin marak dengan aksi-aksi cyber crime.

Lalu siapakah yang melakukan tindak cyber crime? Mungkin bisa personal, bisa juga suatu kelompok orang yang memiliki keahlian diatas rata-rata pengguna komputer pada umumnya.

Dari sana pula kita sering mendengar istilah hacker. Tapi jangan beranggapan salah, bahwa hacker adalah penjahat. Karena tidak semuanya melakukan tindak kejahatan cyber.

Hacker dibagi menjadi dua kelompok yaitu White-hat Hackers dan Black-hat Hackers. White-hat Hackers adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknisnya untuk mengembangkan dunia teknologi informasi dengan sistem komputer. Sedangkan Black-hat Hackers adalah mereka yang sangat dekat dengan kejahatan elekronik.

Menurut sebuah halaman dari  Top Computer Science Degrees, Senin (13/4/2015), kelompok Black-hat Hackers yang paling populer dan ditakuti di dunia adalah :

1. Milw0rm
Kelompok ini terkenal sejak  3 Juni 1998 yang menyerang fasilitas riset nuklir utama milik India `Bhabha Atomic Reserach Center (BARC)` sebagai aksi protes anti-nuklir. Milw0rm melancarkan aksinya di beberapa negara, seperti Inggris, Amerika Serikat, Russia, dan New Zealand.

2. Lizard Squad
Reputasi mereka sebagai kelompok peretas jempolan dimulai ketika pada akhir tahun 2014 kemarin, tepatnya pada malam perayaan Natal. Saat itu Lizard Squad mengklaim bahwa merekalah pihak yang bertanggung jawab atas tumbangnya dua layanan berbasis internet di ranah industri game, yakni PlayStation Network (PSN) dan Xbox Live.

3. Masters of Deception
Kelompok hakcer asal New York ini dibentuk pada tahun 1989 - dikenal sebagai pesaing berat kelompok hacker yang berbasis di Texas `Legion of Doom'. Master of Deception sempat memperkeruh jagat underground karena kerap melakukan aksinya dengan nuansa rasial.

Untuk menunjukkan kekuatan mereka, para anggota Master of Deception melakukan tindakan penyerangan yang disebut `salah satu tindakan pencurian informasi komputer terbesar yang pernah diketahui`. Menurut sebuah laporan, mereka masuk ke server untuk mencuri informasi rahasia, yang kemudian mereka jual.


4. Anonymous
Kelompok hacker ini dikenal dengan atribut topeng Guy Fawkes dalam film `V for Vendetta` dan pada tahun 2012 tercatat memiliki anggota lebih dari 5.635 orang. Beberapa Website besar yang pernah mereka serang adalah situs FBI, Departemen Kehakiman, Universal Music Group, PayPal, MasterCard, Sony PlayStation Network dan situs besar lainnya.

Kelompok hacker yang mamiliki moto "Kami adalah Anonymous. Kami adalah Pasukan. Kami tidak memaafkan. Kami tidak melupakan. Tunggu Kami" ini bahkan pernah mengancam Pentagon, Facebook, serta grup kartel narkoba Meksiko `Los Zetas`.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :