Menikmati Siaran Radio Streaming Dengan MPlayer di Terminal

Joherujo - Tahukah kamu jika kita bisa mendengaran radio streaming dari terminal. Jika biasanya kita mendengarkan radio streaming aplikasi tune in, maupun winamp, vlc player dan lain-lain, ternyata kita bisa menikmati radio broadcasting dengan cara lain.

Apa sih cara lain yang dimaksud? Cara lain tersebut adalah mendengarkan radio streaming melalui terminal. Lah kok dari terminal? Kedengarannya aneh? Bisa jadi. Tapi perlu diingat lagi bahwa linux mempunya power pada perintah berbasis teks melalui terminal. Jadi mari kita nikmati siaran radio di terminal.

Caranya
Cara yang kita gunakan adalah melalui mplayer. Jika belum mempunyai aplikasinya, silahkan untuk menginstallnya terlebih dulu dengan :

sudo apt-get install mplayer

Tunggu saja sampai prosesnya selesai. Jika telah selesai, maka kita bisa segera menikmati siaran radio tersebut dengan

mplayer [alamat radio streaming]

Misal kita ingin mendengarkan siaran radio streaming dari Radio Jamaican Roots Radio dengan alamat di http://listen.radionomy.com/jamaican-roots-radio maka kita bisa menggunakan perintah berikut :

mplayer http://listen.radionomy.com/jamaican-roots-radio 

Dan tra la la, selamat menikmati siaran radionya. Untuk stasiun radio lainnya, tinggal mengganti alamat doang :)
Menikmati Siaran Radio Streaming Dengan MPlayer di Terminal Menikmati Siaran Radio Streaming Dengan MPlayer di Terminal Reviewed by Joherujo on April 02, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Diberdayakan oleh Blogger.