Header Ads

Obat Tradisional Gigitan Serangga

Joherujo - Serangga adalah hewan yang bisa hadir kapan dan dimana saja. Mereka bisa kita temukan diluar rumah seperti kebun, hutan, taman maupun didalam rumah. Artinya kita memiliki resiko untuk terkena serangan serangga tersebut hampir setiap saat.


Langkah penting yang harus kita lakukan setelah mendapatkan serangan/gigitan serangga adalah dengan melakukan perawatan pada luka yang ditinggalkannya. Karena pengaruh racun yang dibawa oleh serangga tersebut bisa bermacam-macam. Umumnya adalah pembengkakan pada lokasi gigitan, tapi pada kasus-kasus tertentu bisa juga berakibat pada turunnya tekanan darah menurun, mual, pusing dll.


Sebetulnya bengkak atau rasa nyeri yang setelah  tersengat/digigit serangga dapat hilang dalam waktu 2 sampai 3 hari. Tapi tak ada salahnya kita coba untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Kita bisa mengobatinya dengan obat-obatan yang bisa dibeli di apotik maupun toko obat, tetapi sebenarnya ada cara tradisional untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Salah satunya adalah dengan menggunakan :

Bawang Putih

Bawang putih mengandung  enzim yang dapat mengatasi peradangan (inflamasi) akibat senyawa. Zat ini bekerja efektif dalam menangani luka bengkak akibat gigitan serangga.

Caranya :

Gunakan satu siung bawang putih, kemudian iris atau parut atau digerus, kemudian lakukan pengobatan dengan menempelkan tiap iris atau potong bawang putih pada kulit yang terdapat luka bekas gigitan. Lakukan secara teratur hingga lukanya kembali membaik.

Pepaya


Selain bawang putih, pepaya juga bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan akibat digigit atau sengatan serangga. Buah yang memiliki daging empuk dengan warna oranye ini selain bisa membantu melancarkan BAB ternyata bisa digunakan sebagai obat luar pada kasus gigitan/sengatan serangga.

Caranya:

Jika digunakan sebagai masker, mungkin itu sudah umum, tapi jika digunakan untuk mengobati luka gigitan/sengatan serangga, maka yangn bisa dilakukan adalah dengan mengambil  daging buah semangka secukupnya, kemudian tumbuk atau blender hingga halus namun pekat. 

Selanjutnya balurkan pada kulit yang terkena luka gigit, diamkan selama satu jam kemudian bersihkan. Terus lakukan pengobatan hingga merah dan bengkak berkurang.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :