Cara Mudah Melakukan Pengaturan User dan Group di Ubuntu

Joherujo - Salah satu user dan group management tool yang mudah digunakan di ubuntu adalah Gnome System Tools. Dengan aplikasi ini kita akan sangat terbantu untuk melakukan pengaturan user dan group di ubuntu desktop.

Sayangnya, sejak Ubuntu merilis versi 11.10 lalu, Gnome System Tools ini tidak lagi disertakan pada paket installasinya, padahal saya yakin masih banyak user yang menyukai aplikasi ini dari sisi kemudahan operasionalnya.

Berita baiknya adalah, meski secara default tidak disertakan pada paket installasi ubuntu, tetapi kita masih bisa menginstallnya di Ubuntu, karena paket gnome-system-tools ini masih tetap tersedia di repository ubuntu.



Cara install

Kita bisa menginstallnya dengan satu baris perintah berikut :



sudo apt-get install gnome-system-tools


Masukkan password dan tunggu sampai proses download dan installasinya selesai.

Jika telah selesai, maka kita bisa memanggilnya dari dash ubuntu dengan keyword "user"  (tanpa tanda kutip)  maka akan muncul dua pilihan User Account dan Users and Groups. Pilihlah User and Groups untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Penggunaannya tentu tidaklah rumit, karena hadir dengan antar muka yang sederhana.

Cara Mudah Melakukan Pengaturan User dan Group di Ubuntu Cara Mudah Melakukan Pengaturan  User dan Group di Ubuntu Reviewed by Joherujo on January 21, 2016 Rating: 5

No comments:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.