Header Ads

Optimasi Gambar Untuk SEO Website

Joherujo -Bisa dipastikan bahwa gambar atau image telah menjadi satu bagian yang hampir selalu ada pada halaman web modern. Prosentasenya pasti lebih tinggi web page yang menggunakan gambar dengan webpage yang hanya berbasis text.

Berkenaan dengan masalah tersebut, kita harus memahami bahwa sebuah halaman web yang mengandung gambar juga perlu mendapatkan sentuhan khusus berkenaan dengan SEO, khususnya pada gambar yang terpasang.

Mungkin ada teman-teman blogger yang tidak melakukan optimasi image tersebut, padahal bisa berimbas pada popularitas website yang kita kelola.

Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi image :

  1. Nama file gambar, sebaiknya relevan dengan kata kunci yang ada pada artikel
  2. Hindari menggunakan tanda spasi kosong  ataupun underscore ( _ ) dalam penamaan gambar, sebaiknya gunakan tanda hubung dash ( - )
  3. Selalu gunakan ALT untuk menampilkan image, misal ALT="keywords" 
  4. Perhatikan juga dengan title imahe yang digunakan, TITLE="deskripsi"
  5. Perhatikan juga ukuran gambar untuk mudah ditampilkan, sebaiknya kurang dari 100kb
  6. Jika kita menggunakan software pengolah gambar seperti phososhop ataupun gimp dll, sebaiknya gunakan fungsi Save for website saat melakukan penyimpanan
Optimasi image seo
Optimasi Image SEO


Jadi kalau dirangkum, supaya image yang kita muat dalam halaman website juga bisa mendukung optimasi seo, kita harus memperhatikan, penamaan image, ukuran, menuliskan atribut ALT maupun TITLE dan gunakan fasilitas penyimpanan untuk web saat mengolah gambar tersebut.

Tentunya bukan hanya gambar yang berpengaruh pada peringkat SEO, tetapi ada banyak unsur dan faktor yang mempengaruhinya seperti sitemap yang ada hubungannya dengan page view. Intinya, selalu ada cara untuk menjadi blogger sukses.

So, keep learning don't giveup

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :