Header Ads

Memahami Jenis Tinta Printer

Joherujo -Salah satu teknologi printer yang berkembang pesat saat ini adalah printer inkjet, yaitu printer yang menggunakaan tinta sebagai bahan untuk mencetak dokumen.

Mulai dari printer-printer kecil yang biasa digunakan di rumah-rumah, maupun printer multifungsi yang banyak digunakan di perkantoran maupun printer dengan ukuran besar. Kesemuanya itu banyak mengadopsi teknologi tinta dalam mencetak dokumen.

Dari begitu luasnya skala yang ada, serta melihat jenis penggunaan printer saat ini, tentunya tidak semua menggunakan jenis tinta yang sama. Hal itu disebabkan beranekaragamnya jenis media maupun tujuan pencetakan dokumen yang akan dicetak.

Ada banyak jenis tinta yang digunakan. Dari bermacam jenis tinta tersebut, bisa kita kelompokkan menjadi :

Memahami Jenis Tinta Printer

1. Tinta Printer Dye Base, adalah jenis tinta yang material pembentuknya dominan dari bahan air dan dicampur dengan pewarna (colourant) yang bisa menyatu dengan baik. Sehingga kemungkinan bisa mengendap dan mampat pada Printhead Cartidge yang semakin kecil.

Tinta printer jenis ini banyak digunakan untuk printer standard karena mampu menghasilkan cetakan yang bagus dengan warna cerah.

2. Tinta Printer Pigment/Durabrite, tinta ini merupakan jenis tinta printer yang mempunyai kualitas cetak lebih tajam, pekat dan juga tahan air jika dibandingkan dengan tinta dya base.

Tinta pigment terdiri dari kandungan Air,  Diluent, Colorant Pigment, dan bahan lainnya.

Hasil cetakan dari tinta ini cenderung lebih tahan lama pada semua jenis kertas yang digunakan.

Kekurangannya biasanya jika tidak digunakan dalam waktu tertentu maka Printhead Cartridgenya akan tersumbat oleh bahan pewarna tinta dan akan menjadi mengering serta mengendap pada nozzle head.

3. Tinta Printer Sublimation Ink, merupakan jenis tinta printer water based sublimation yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk mentransfer gambar hasil print ke transfer paper.

 Dar transfer paper tersebut, nantinya gambar bisa dipindahkan ke kaos, pin, mug, keramik dan beberapa jenis lainnya.

Tinta oo diformulasikan dari bahan yang dominan dengan minyak, pewarna, diluent, dan juga zat lainnya sehingga tinta sublim ini mempunyai ketahanan yang jauh lebih baik dibanding tinta pigment.Namun resiko tersumbatnya Printhead lebih besar jika dibandingkan dengan Tinta Pigment.

4. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink, merupakan jenis tinta yang cocok   digunakan di percetakan skala kecil ataupun besar dengan menggunakan kertas at paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

5. Tinta Printer Solvent
, merupakan jenis tinta printer yang mempunyai ketahanan paling baik terhadap paparan air ataupun sinar ultraviolet.

Karena, tinta solvent ini terbuat dari bahan-bahan khusus seperti cat duco kemudian ditambah dengan bahan-bahan lainnya yang bisa disesuaikan dengan tipe-tipe Printer Outdoor.

Jenis tinta ini banyak digunakan untukoutdoor sign graphics printing  seperti Banner, Billboard, Spanduk, Neonbox.

6.Tinta Printer Eco Solvent, merupakan jenis tinta printer yang memiliki karakteristik seperti tinta solvent hanya saja tinta eco solvent ini sedikit kurang tahan terhadap paparan sinar Ultra violet. Tetapi, jenis tinta ini tidak berbau menyengat dibanding tinta solven

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :