Header Ads

Begini Cara Menghemat Batre Kamera Digital

Joherujo -Batre adalah sumberdaya yang menyuplai seluruh kebutuhan power untuk operasional sebuah kamera digital. Satu hal yang banyak dialami adalah batre kamera yang boros.

Menyangkut efisiensi batre, sebenarnya kita bisa membuatnya dengan melakukan beberapa pengaturan pada kamera. Semakin banyak fungsi yang digunakan, maka semakin besar sumberdaya yang dikonsumsi oleh suatu kamera.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghemat batre pada kamera digital.

1.Gunakan LCD seminim mungkin.
LCD merupakan bagian kamera yang banyak mengonsumsi energi dari batre. Jadi usahakan seminim mungkin menggunakan layar LCD saat kita memotret.
2.Jangan terlalu sering mereview ulang foto-foto yang ada di memory card langsung dari camera. Karena proses mengakses/membaca memori card melalui camera cukup menyedot daya batere selain konsumsi batere untuk menampilkan di LCD.

3. Jangan terlalu sering mencetak langsung foto dari kamera, sebaiknya pindahkan dulu foto yang akan dicetak ke media penyimpanan lain atau langsung ke komputer.

4.Usahakan untuk menggunakan  batere original meskipun terkadang ada batre kompatibel. Kita harus memberhatikan besaran tegangan dari batre yang kita gunakan.

5.Jangan terlalu sering mengisi ulang batre ketika kapasitasnya masih aman untuk digunakan, karena akan merusak batre itu sendiri. Lebih baik kita membiarkan batere habis atau power tersisa sekitar 5% jika ingin melakukan pengisian.

Membiarkan batere habis pada saat pemakaian sebelum dilakukan pengisian kembali akan sangat membantu  batere dalam meningkatkan umur pemakaian dari batere tersebut.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :