Header Ads

Google Segera Membuat Sendiri Ponselnya

Joherujo - Google seperti yang telah kita ketahui bersama telah memiliki produk ponsel berlabel Nexus yang tentunya jalan diatas platform Android.

Tetapi sepertinya mereka belum merasa puas dengan Nexus yang selama ini memang dikerjakan oleh vendor lain seperti HTC, Huawei maupun LG.

Kabarnya Google sedang merancang ponsel mereka untuk bersaing dengan   Apple iPhone yang selama ini dikenal memiliki ponsel premium dengan desain yang kerap menjadi acuan vendor lain, termasuk user interface yang indah.

Google akan merancang sendiri ponsel Android itu, termasuk di dalamnya proses manufaktur dan software yang semuanya akan dilakukan oleh Google. Ya ponsel tersebut nantinya akan diproduksi oleh Google sendiri.


Ben Wood, seorang analis di CCS Insight mengatakan bahwa "Dengan membuat ponsel dan software sendiri, Google dinilai sedang berusaha mengamankan layanannya, termasuk toko aplikasi Google Play. Mereka khawatir Android semakin terfragmentasi, OS tersebut perlu menjadi platform yang lebih terkontrol lagi".
 
Ya bisa jadi penilaian tersebut ada benarnya. Mengingat Android yang bersifat open, sehingga setiap vendor bisa melakukan pengembangan dari core Android itu sendiri, termasuk berbagai hal yang berhubungan dengan Google Play ( aplication store) itu sendiri. Tiap vendor bisa saja membuat application store mereka, yang pastinya bisa mengancam Google Play.

Sebagai raksasa software, bisa jadi  Google  akan coba untuk masuk lebih dalam pada bisnis hardware yang lebih luas dan tak puas hanya dengan produk notebook dan tablet Chrome yang telah mereka miliki saat ini.

Jika proyek mereka berjalan lancar, maka produk tersebut akan siap rilis pada akhir tahun 2016 ini. Well kira-kira seperti apa ya ponselnya?

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :