Header Ads

2017 Yamaha dan Honda Akan Memiliki Discontinued Product Baru

Joherujo - Motor dengan konsumsi bahan bakar fosil saat ini memang masih menjadi bagian besar keberadaan sepeda motor di dunia, meskipun telah cukup banyak kreasi manusia dalam mengembangkan sepeda motor yang lebih ramah lingkungan. Bahkan di Indonesia, sepeda motor listrik sudah mulai dikembangkan dan diproduksi, salah satunya adalah GESITS dan juga Viar yang telah memperkenalkan sepeda motor listriknya.

Kembali ke sepeda motor konvensional dengan bahan bakar fosil (BBM), belum lama dia dua pabrikan besar sepeda motor yaitu Yamaha dan Honda mengumumkan dihentikannya produksi sepeda motor mereka. Tidak semua sepeda motor tentunya :)

Yamaha XJR1300
Yamaha XJR1300


Yamaha misalnya, demi memenuhi syarat Euro 4 mereka akan menghentikan produksi dua motor iconik dan cukup melegenda sejak diperkanalkan pada sekitar 1995 silam yaitu XJR1300 dan XT660Z Tenere.

Kedua motor tersebut sepertinya tidak mungkin untuk dikembangkan lebih lanjut, mengingat teknologi mesin yang mereka pakai sudah cukup tua hingga diputuskan untuk menghentikan produksinya. Yamaha tidak akan melanjutkan produksi sepeda motor tersebut dan juga motor lain yang tidak memenuhi syarat Euro 4.

Selain Yamaha, satu lagi pabrikan asal Jepang yaitu Honda juga belum lama ini mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi sepeda motor Honda CBR600RR.

Honda CBR600RR
Honda CBR600RR


Lagi-lagi kebijakan Euro 4 yang tidak mungkin terpenuhi oleh mesin Honda 600 Cc tersebut. Meskipun CBR600RR adalah salah satu legenda dan banyak digunakan pada berbagai ajang balap, Honda tetap kukuh untuk menghentikan produksinya.

Yap mulai 2017 Yamaha maupun Honda tidak bisa lagi memasarkan sepeda motor mereka ke Amerika ataupun Eropa jika tidak memenusi syarat emisi yang ada di Euro 4.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :