Header Ads

Dapatkan Informasi Exif Metadata Menggunakan Linux Dengan Exiftool

Joherujo -Sebelumnya kita telah membahas sedikit tentang pengertian Exif Metadata dan juga cara membaca atau mendapatkannya.

Jika kita menggunakan linux sebagai platform dalam bekerja, selain menggunakan image viewer yang tampilannya sederhana, ternyata masih ada cara lain yang mampu memberikan tampilan Exif Metadata jauh lebih lengkap.

Yang lebih uniknya lagi, tampilannya bukanlah berbasis grafis tetapi informasi Exif Metadata tersebut akan ditampilkan dengan detil di terminal. Ya  diterminal.

Jika penasaran atau tertarik dan kebetulan menggunakan linux, cobalah menginstall exiftool. Kebetulan disini saya menggunakan Ubuntu dan berhasil menginstall exiftool tersebut dengan cara :

sudo apt-get install libimage-exiftool-perl
Seperti biasa, kita diwajibkan untuk mengisi password administrator, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.

Penggunaannya :

Untuk menggunakan exiftool, diterminal kita cukup mengetikkan exiftool disertai file image yang ingin kita lihat exif metadatanya. Jika file tersebut ada di lokasi lain, sertakan pula path-nya.

Contoh :

exiftool /home/joherujo/Pictures/21051925312_153a9b8e7a_o.jpg

Maka kita akan memperoleh informasinya seperti ini :

exif tool
Informasi yang disampaikan exiftool
Untuk melihat seluruh informasi Exif Metadata, gunakan Scroll Down/UP menggunakan mouse.

Disana akan kita temukan banyak informasi dari gambar tersebut seperti kamera yang digunakan, software pengolah grafis, setingan, lensa, waktu dan tanggal bahkan banyak informasi detil yang terekam bisa ditampilkan dengan baik.

Jadi banyak cara yang bisa kita gunakan untuk melihat informasi Exif Metadata :)

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :