Header Ads

MotoGp 2017 Penggunaan Winglet Dilarang

Joherujo -Pada musim balap MotoGp 2016 ini kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan penampakan winglet.

Ya winglet adalah piranti yang digunakan untuk memperbaiki daya tekan pada roda deoan dan juga aerodinamika motor ketika digunakan di lintasan balap, khususnya MotoGp.

Sepertinya piranti ini digunakan untuk menyiasati penggunaan ban Michelin yang memiliki karakter berbeda dari Bridgestone yang sebelumnya menjadi penyedia ban untuk MotoGp. Yang jadi pioneer penggunaan winglet adalah Ducati.

Sayangnya, transisi penggunaan ban baru tidak berjalan mulus bagi semua tim, khususnya pada ban depan motor mereka, sehingga digunakanlah winglet untuk memberikan downforce yang lebih baik ataupun aerodinamika yang lebih baik pada motor.

Winglet Ducati


Sebenarnya belum teruji seberapa besar pengaruh penggunaan winglet ini, meskipun ada beberapa pihak yang pada awalnya enggan menggunakannya akhirnya ikut pula menggunakan winglet pada motor mereka. Bahkan pihak yang awalnya menolak juga ikut menggunakannya. Alhasil, winglet menjadi piranti yang umum digunakan pada musim ini.

Musim 2017 Winglet Diharamkan?

Nah yang menarik lagi, dari berbagai informasi yang beredar, konon penggunaan winglet akan dilarang pada musim 2017 nanti.

Menjadi menarik lagi arah kebijakan tersebut karena sepertinya tidak semua tim senang dengan kebijakan tersebut. Ducati Corse salah satunya yang tidak senang.

Lalu bagaimana akhirnya jika Ducati ingin "berperang" untuk menghalalkan winglet pada musim 2017 nanti? Honda, Yamaha, Aprilia, KTM????

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :