Header Ads

Cara Menghemat Penggunaan Tinta Printer

Joherujo - Komputer dan printer sudah menjadi satu pasangan yang tak terpisahkan, khususnya dalam aktivitas perkantoran. Akan tetapi hal itu juga berlaku untuk di rumah yang penghuninya memiliki aktivitas cetak mencetak dokumen.

Salah satu printer yang banyak digunakan saat ini adalah jenis printer inkjet, dimana printer jenis ini menggunakan tinta untuk melakukan pencetakan. Ada banyak alasan kenapa printer ini lebih banyak dipilih dibandingkan dengan printer dot matrix ataupun printer laser.

Salah satunya adalah kemampuan cetaknya yang baik, memiliki resolusi yang tinggi, harga relatif murah, bis diaplikasikan pada berbagai jenis kebutuhan cetak dll.

Mengingat harga tinta printer boleh dibilang lumayan mahal, maka ada baiknya kalau kita coba untuk menghemat penggunaan tinta tersebut. Lalu bagaimana cara agar bisa menghemat penggunaan tinta printer? Berikut ini adalah yang bisa kita lakukan :

Cara Menghemat Penggunaan Tinta Printer

1. Jangan Bikin Kesalahan Cetak
Usahakan untuk melakukan print preview sebelum melakukan pencetakan. Dengan melakukan print preview kita bisa mengetahui bagaimana nantinya dokumen tersebut saat dicetak. Jika ada sesuatu yang tidak sesuai, kita bisa segera melakukan koreksi.

2. Gunakan Print Setting Yang Tepat
Setiap kita akan melakukan pencetakan dokumen, pastikan untuk mengaplikasikan seting yang sesuai. Jangan selalu menggunakan mode best atau foto jika kita tidak akan mencetak foto, karena akan berakibat pada banyaknya tinta yang digunakan juga berpengaruh pada kecepatan proses pencetakan.

3. Pengaturan Mode
Kita juga harus melakukan pengaturan mode cetak yang tepat. Kadang hal ini tidak diperhatikan, tapi mulai sekarang sebaiknya perhatikan hal ini. Jika kita ingin mencetak teks hitam, gunakanlah mode cetak grayscale.

4. Jangan Terlalu Sering Melakukan Head Cleaning
Jika hasil cetak yang kita peroleh tidak mengalami penurunan kualitas, sebaiknya jangan sering melakukan head cleaning.

5.Pemilihan Font dan Tingkat Kecerahan Gambar
Jika tidak diharuskan menggunakan jenis font tertentu ada baiknya kita gunakan font yang hemat tinta. Untuk cetak image, sebaiknya naikkan level kecerahannya sebelum dicetak.

6. Pilih Printer Yang Tepat
Jika kita bermaksud untuk membeli printer, selain tetap memperhatikan point-point diatas, sebaiknya mencari printer dengan detil low cost per page yang rendah. 

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :