Header Ads

Mengatasi Hasil Print Bergaris

Joherujo - Saat mencetak suatu dokumen di rumah, terkadang kita mendapatkan hasil tidak sesuai harapan. Hasil cetak bergaris!


Tentu ini membuat kita merasa tidak nyaman, karena pastinya menginginkan hasil cetak printer tersebut benar-benar semputna.

Hasil cetap bergaris biasa terjadi pada printer inkjet yang lama tidak dipakai. Biasanya terjadi di rumah, karena memang pemakaian printer di rumah umumnya tidak sesering dengan pemakaian di kantor-kantor.

Tapi jangan dulu berputus asa dan berprasangka buruk tentang printer hanya karena mendapatkan hasil cetak bergaris, karena kita masih bisa mencoba untuk memperbaiki hasil cetak yang bergaris tersebut.

Ohya, jangan lupa juga untuk mengikuti tips cara menghemat penggunaan tinta printer. Sebelumnya kita perlu mengetahui penyebab dari hasil cetak bergaris tersebut :

Mengatasi Hasil Print Bergaris
Tinta yang kurang stabil menyupali cartridge, sehingga tinta di cartridge menjadi berkurang atau kualitas tinta kurang baik sehingga gampak kering apabila lama tidak digunakan
 
Cara mengatasi masalah hasil cetak bergaris :

1. Pastikan kita telah memilih driver printer yang sesuai dengan tipe printer dan sistem operasi yang digunakan. Pastikan tinta di inktank dalam keadaan cukup/tidak dibatas minimal dan pastikan penutup ink tank/kran selang dalam keadaan terbuka.

2. Cek nozzle printer, dan perhatikan hasilnya apakah sempurna atau tidak

Berikut langkah-langkah untuk cek nozel :

Buka menu Printer and Faxes,  klik kanan printernya, pilih tab Printing Preferences,  Maintenance,  pilih Nozzle check.

Perhatikan hasil cetak yang diperoleh dari nozzle check tersebut, apabila tidak sempurna lakukan head cleaning

3. Lakukan cleaning pada driver printer dengan meng-klik Printer Preferences. Berikut langkahnya :

Buka Printer and Faxes; klik kanan printernya; pilih Printing Preferences, Maintenance,  pilih Head Cleaning.

Setelah selesai cleaning cek kembali Nozzle printer tersebut, apabila hasilnya masih belum sempurna yang ditandai hasil cetak putus-putus saat nozzle check atau ada warna yang tidak keluar. lakukan cleaning lagi sampai hasilnya sempurna.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :