Header Ads

Cara Install Driver Epson M200 di Ubuntu

Joherujo -Printer merupakan piranti wajib yang harus ada jika kita ingin mencetak data komputer ke berbagai media. Jika sebelumnya kita telah mencoba install driver Epson L120, Epson  L210, Brother DCP T700W dll,  kali ini akan kita coba untuk menginstall driver Epson M200 di Ubuntu.

M200 adalah salah satu printer multi fungsi ( print, scan, copy ) yang memiliki kecepatan cetak tinggi mencapai 34ppm.

Driver
Kembali ke masalah driver. Jika kita menginstallnya di windows atau mac, mungkin tidak perlu bersusah payah, tapi ketika kita menginstallnya di linux, seperti Ubuntu ini, kita harus sedikit melakukan usaha extra.

UBuntu Software Center - Install Driver Epson M200
Install Driver Epson M200

Caranya
Tentu saja kita harus mencari, download dan install driver yang sesuai. Jika serius ingin menggunakan Epson M200 ini untuk linux printing, bisa langsung download driver di sini.


Pilih Printer dan driver
Pilih printer dan driver

Silahkan Accep dulu pada license agreement yang ada, maka kita akan disuguhkan pada pilihan driver yang bisa kita download sesuai dengan sistem operasi, maupun arsitektur yang kita gunakan.Selanjutnya, install driver tersebut.

Daftar Printer
Daftar printer

Karena saya menggunakan arsitektur 64 bit Ubuntu, maka saya pilih yang sesuai, kemudian install seperti biasa. Bisa menggunakan sudo dpkg -i namapaketxxx.deb atau langsung membuka downloadan tadi dengan Ubuntu Software Center, hasilnya sama saja, driver tersebut bisa bekerja untuk berbagai printer Epson M series.

Jika driver telah selesai kita install, tentunya kita sudah bisa menggunakan printer M200 ini di linux :)

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :