Cara Install Protocol RDP Di Remmina

Joherujo -Remote desktop adalah salah satu aplikasi yang saya suka saat harus bekerja dengan beberapa unit komputer. Alasannya adalah dengan menggunakan remote desktop kita tidak harus berpindah meja untuk sekedar mengakses komputer tertentu.

Kebetulan saya menggunakan linux, dan ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk remote desktop tersebut. Salah satunya adalam Remmina yang bisa bekerja dengan banyak protocol seperti CCH, NX, XDMCP, SPICE, VNC dan RDP.

About Remmina - Remote Desktop Protocol


Sayangnya saat menggunakan Remmina mungkin kita belum ada RDP terinstall, sehingga tidak bisa menggunakan protokol tersebut sampai kita menginstallnya.

Caranya adalah dengan menambahkan PPA remmina-next dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo apt-add-repository ppa:remmina-ppa-team/remmina-next
sudo apt update
sudo apt install remmina remmina-plugin-rdp remmina-plugin-secret remmina-plugin-spice


Kita akan diminta untuk memasukkan password, kemudian tunggu hingga selesai prosesnya, setelah prosesnya selesai, cobalah untuk menjalankan remmina.

Remmina - Remote Desktop Protocol


Jika berhasil maka akan muncul protocol RDP. Tapi jika belum juga muncul, cobalah untuk melakukan reboot komputer atau bisa juga dengan menghentikan remmina dan prosesnya yang kemungkinan sedang berjalan dengan sudo killall remmina


Remmina - Remote Desktop Protocol

Setelah itu bisa menjalankan remmina kembali untuk menemukan protocol RDP yang telah terinstall.
Cara Install Protocol RDP Di Remmina Cara Install Protocol RDP Di Remmina Reviewed by Joherujo on May 22, 2019 Rating: 5

No comments:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.