Header Ads

Cara Menambahkan Pilihan Media Cetak Di Printer Epson L120

Joherujo - Epson L120 merupakan salah satu document printer yang banyak digunakan diberbagai instansi. Printer ini memang cukup handal untuk mencetak dokumen black ataupun warna pada media kertas HVS.

Meski begitu, salah satu kekurangang dari Epson L120 adalah keterbatasan media yang disupport. Hal itu bisa dimaklumi karena L120 ini memang lebih ditujukan untuk mencetak dokumen biasa. Maksudnya adalah kita tidak akan menemukan pilihan kertas seperti glossy paper atau photopaper.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa mencetak dikertas glossy ataupun artpaper, karena dengan sedikit trik kita bisa mengakali hal tersebut.

Caranya adalah dengan memanfaatkan driver printer Epson L300. Cara ini telah banyak digunakan dan terbukti berhasil.

Epson L120
Printer Epson L120

Jadi jika tertarik untuk menggunakan trik tersebut maka yang harus dilakukan adalah download driver L300 lalu install ke komputer dan begitu juga driver L120 dan install di komputer.

Yang harus dilakukan saat menginstall kedua driver tersebut adalah menggunakan pilihan port yang sama. Misal Port USB 1 atau USB 2 dst.

Setelah semua itu dilakukan dan sekali lagi pastikan penggunaan port yang sama, maka langkah selanjutnya untuk mencetak di kertas foto glossy atau artpaper adalah dengan memilih mencetaknya dengan printer Epson L300.

Nantinya di properties akan ada pilihan jenis media yang bisa digunakan, dimana media selain HVS tidak disukung oleh Epson L120.
Epson L300
Printer Epson L300
Nantinya saat akan mencetak muncul peringatan bahwa printer belum terpasang, jangan khawatir karena peringatan itu tidak berpengaruh pada proses cetak yang dilakukan. Biarkan saja sampai proses cetaknya selesai.

Nah, dengan begitu kita bisa mencetak di media lain yang sebelumnya tidak disupport oleh Epson L120. Bagaimana hasilnya? Dari pengalaman yang diperoleh tidak ada masalah pada hasil cetaknya. jadi tips ini aman dan bisa diaplikasikan pada printer Epson L120.


Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :