Header Ads

Install Linux di Flashdisk

Untuk yang ingin nyoba linux tp tidak punya life CD, kita ternyata bisa membuat sendiri instalasi linux di flasdisk, ya di flashdisk.
Kita tahu kalau flasdisk udah familier banget bagi pengguna komputer, sebagai media penyimpanan data. Untuk instalasi ini saya sengaja memilih linux yang imut-imut, alias mini size, yaitu puppy linux. Sebenarnya masih ada farian lainnya sih, misal DSL... tp untuk kali ini kita pilih aja si puppy... anjing yang emang imut.
Untuk dapat memulainya, kita siapkan aja semua bahan yang kita perlukan.

Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah :

1. PC dengan OS win xp dan bisa melakukan booting melalui flasdisk.
2. Unetbootin-windows, aplikasi untuk menulis file iso linux kedalam flashdisk dari komputer windows. Aplikasi ini bisa di download di http://unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-windows-latest.exe

3. Sebagai distro linux yang kita pilih puppy linux nya ambil ke sini
http://distro.ibiblio.org/pub/linux/distributions/puppylinux/puppy-4.1.2-k2.6.25.16-seamonkey.iso

4. Flashdisk buat tempat mangkal si puppy linux


Caranya pemasangan linux ke flashdisk :

1. Kalau materi dan bahan2 nya dah komplit, maka segera jalankan unetbootin-windows, Disk imagenya pilih ( browse ) ke linux puppy tadi. Setelah ketemu, klik OK dan tunggu biar si unet mengerjakan tugasnya, sampai menghasilkan flashdisk yang linux bootable.Kalau udah selesai maka kita disuruh untuk merestart komputer, lakukan aja apa maunya... setelah itu, ikuti tahapan berikutnya ;)

2. Masuk ke Bios, ( dari PC dinyalakan biasanya pencet Del atau F2 ) ubah boot ordernya menjadi USB HDD, USB FDD, USB Removable Defice dll ( yang intinya mengacu ke Flasdisk kita )

3. Simpan setup bios tadi, biasanya tekan F10 dan OK... biarkan komputer berjalan sendiri, kalau prosesnya benar maka kita udah bisa masuk kedalam environment nya puppy linux... wus...

4. sebelum melangkah lagi untuk mengeksplore puppy linux.. coba pandangi sejenak lingkungan desktopnya... Cantik kan? linux emang indah, legal, free dan bisa bikin kita lebih kreatif.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :