Setup TV Tuner di Ubuntu ::

"Watching TV broadcasting on multimedia computer has been a realized since the computer with graphical interface has coming. Many vendor create their tv tuner card. But how about watching TV from linux computer system? Ok.. I have a tv tuner card Pixelview Play TV Pro but can't play on windows system. Why? I have no the driver and aplication for this card ;) and I'm linux user. Then, I try to setup this card for my ubuntu."

Akhirnya setelah lama nganggur dan malah hampir ga inget kalau ada TV Tuner nancep di slot pci CPU yang tiap hari saya pakai, hari ini berhasil saya fungsikan. Sebenarnya alasan utamanya karena saya pengin bisa nonton siaran bola lagi d TV.

TV Tuner yang ada adalah Pixelview Play TV Pro, dan karena mendapatkannya dari Om Rayga dalam keadaan card doang ( tanpa driver, dia jua ga bisa setup di windows ;) ) maka saya tidak mengalami kesulitan dengannya waktu setup di Ubuntu 9.04 JJ, setelah hunting dulu tentang info card dan tunernya.

Langkah untuk melakukan setup TV Tuner :

Pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis chipset kartu TV yang kita gunakan. Kita tahu ada bermacam-macam jenis chipsetnya. Saya menggunakan PIXELVIEW PlayTV Pro dengan Chipset BT878 (Anda dapat menemukan informasi ini dalam kartu TV Anda, ya di sana!:)) Jadi saya akan fokus dokumentasi ini untuk kartu jenis ini. Kalau beda, yang harus dilakukan adalah mencari dokumentasi no chipset card dan tuner nya.

Note :

Jika kartu Anda seperti saya, semoga anda beruntungdengan tulisan ini, tetapi jika tidak, sepertinya anda harus sedikit lama dalam proyek instalasi tv tuner anda hehehe, just kidding.

Oke, mari kita mulai dengan memeriksa apakah kartu yang telah diakui oleh sistem, ketikkan perintah berikut dalam terminal anda, anda bisa melakukan "su" atau "sudo-s" untuk mengalihkan account Anda untuk menjadi root terlebih dahulu.

Kita bisa melihat tvtuner kita dengan perintah

#lsmod | grep bttv

Masukkan tvtuner kita ke sistem dengan

#modprobe bttv

kemudian cek dengan

# Ketik dmesg | grep bttv , hasilnya mungkin seperti :
heru@AthlonX:~$ dmesg | grep bttv
[ 10.534374] bttv: driver version 0.9.17 loaded
[ 10.534377] bttv: using 8 buffers with 2080k (520 pages) each for capture
[ 10.534442] bttv: Bt8xx card found (0).
[ 10.534841] bttv 0000:01:06.0: PCI INT A -> Link[LNKA] -> GSI 19 (level, low) -> IRQ 19
[ 10.534850] bttv0: Bt878 (rev 17) at 0000:01:06.0, irq: 19, latency: 64, mmio: 0xdcfff000
[ 10.534895] bttv0: using: Prolink PixelView PlayTV pro [card=37,insmod option]
[ 10.534936] bttv0: gpio: en=00000000, out=00000000 in=003fffff [init]
[ 10.535027] bttv0: tuner type=30
[ 10.535030] bttv0: i2c: checking for TDA9875 @ 0xb0... not found
[ 10.535535] bttv0: i2c: checking for TDA7432 @ 0x8a... not found
[ 10.640907] bttv0: registered device video0
[ 10.640953] bttv0: registered device vbi0
[ 10.640990] bttv0: registered device radio0
[ 10.641011] bttv0: PLL: 28636363 => 35468950 .. ok
[ 1252.132053] bttv0: timeout: drop=200 irq=4331/4331, risc=1916c03c, bits: HSYNC OFLOW
[ 2159.148023] bttv0: timeout: drop=1016 irq=69567/69567, risc=1916c03c, bits: HSYNC OFLOW


Kalau hasilnya seperti diatas, artinya tv tuner udah diakui oleh sistem.

#echo "bttv" >> /etc/modules

Kemudian dengan hak akses root, buatlah file bttv di /etc/modprobe.d/

Lalu dengan menggunakan teks editor, masukkan kode ini


# ================================ #
# i2c
alias char-major-89 i2c-devb
options i2c-algo-bit bit_test=1
# bttv
alias char-major-81 videodev
alias char-major-81-0 bttv
# My TV Card
options bttv card=37 tuner=30 radio=1 pll=1 adc_crush=0

# ================================ #

Note :
opsi bttv card=37 tuner=30 radio=1 pll=1 adc_crush=0 adalah nilai-nilai yang kita ambil dari list card dan tuner diatas.

Setelah kita selesai dengan setup di atas, maka waktunya untuk melakukan instalasi player untuk memainkan tv di sis ubtuntu kita. Kita bisa menggunakan xawtv maupun tvtime. Saya sendiri lebih suka menggunakan tvtime karena saya anggap lebih simpel. Cara install tvtime kita adalah sebagai berikut dari terminal, ketikkan :

#sudo apt-get install tvtime dan ikuti prosesnya sampai selesai, maka kita akan bisa menikmati siaran tv di layar monitor kia. ;)

Ini adalah sampel screenshot yang saya ambil denganmenggunakan antena indoor..

Setup TV Tuner di Ubuntu :: Setup TV Tuner di Ubuntu :: Reviewed by Joherujo on September 05, 2009 Rating: 5

22 comments:

  1. Aku punya TV Tuner dari PixelView PlayTV Pro 4 dengan chipset cx88xx, aku sudah mencari info tetai tidak kunjung berhaasil mengkonfigurasikannya. Mohon bantuannya.....

    ReplyDelete
  2. kebetulan saya belum mencobanya, tapi
    coba edit file /etc/modprobe.d/cx88xx.conf
    option cx88xx card=27

    kalau udah coba dengan sudo jalankan perintah ini
    rmmod cx8800
    rmmod cx88xx
    modprobe cx88xx
    modprobe cx8800
    sebelumnya cek dulu apakah tvtuner udah dikenali oleh sistem / kernel. Kalau sudah coba install tvtime atau xawtv-nya

    ReplyDelete
  3. tks,... atas pencerahannya. top markotop deh nih abang. saya jadi bisa record dari vhs ke komputer.

    ReplyDelete
  4. Ups.. pencerahan? haha.. syukurlah bang teko ilmu.. gud lak!!

    ReplyDelete
  5. aku baru beli TV tunner merk advan external laptop, saya install ok berhasil, namun karena antena saya hargnya 10rb mk hanya channel tertentu yg bs ketangkep & msh banyk semut2nya.

    pertanyaan sy, jk sya gunakan antena yg lbh mahl & bgs akan bagus pulakah?pls advise.
    thks,ali (alismg_1895@yahoo.co.id)

    ReplyDelete
  6. @ali :

    Salah satu faktor bagus tidaknya sajian tv adalah antena, umumnya antena outdoor memiliki daya tangkap lebih baik dibanding dengan yang indoor, maka tdk salah kalau mau mengganti dengan yang outdoor. Ada baiknya juga kita test dengan antena outdoor yang (mungkin) dipakai pesawat TV keluarga...

    Hal lainnya adalah pemilihan regial setingnya... coba cari yang memiliki tangkapan stasion terbanyak. Kalau tdk ada Indonesia, bisa kita pilih Europe West atau China bisa menampilkan semua station TV kita..

    ReplyDelete
  7. maaf mas mau tanya kok saya cek dengan # dmesg | grep bttv hasilnya begini:
    [ 12.465654] bttv: driver version 0.9.18 loaded
    [ 12.465657] bttv: using 8 buffers with 2080k (520 pages) each for capture

    cuma 2 line. kira2 knp ya mas??> thx

    ReplyDelete
  8. Andi, saya telah kirim jawaban via email karena cukup panjang, moga bisa lebih jelas. Coba install driver video linux-nya. download ke http://linuxtv.org/hg/v4l-dvb/archive/tip.tar.gz exstract, make dan make install sebagai root. Kalau perlu di restart dulu komputernya, meski linux tidak selalu harus meminta itu. Kemudian coba ulangi proses install-nya. Moga berhasil

    ReplyDelete
  9. mas Heru, saya juga sama kaya mas Andrisuryadi kasusnya..hanya dua line dan sama persis isinya...boleh minta pencerahannya Mas? saya mw juga ntn d Ubuntu tanpa harus gonta-ganti k Windows..tks Mas..

    ReplyDelete
  10. mas Heru, masalah saya sama persis sama kaya mas Andrisuryadi...mohon pencerahan y Mas..mw bgt bisa ntn tv d Ubuntu...tks Mas...

    ReplyDelete
  11. andrisuryadi & dndy : silahkan chat saja saat saya online... biar lebih nyaman.

    ReplyDelete
  12. cara mengetahui chipset tvtuner gimana selain cara tersebut di atas?
    saya pake gadmei utv302e

    ReplyDelete
  13. cara menengetahui chipnya biasanya manual seperti itu. Untuk gadmei utv302e coba sandingkan dengan ubuntu 11.04 mungkin akan lebih mudah dengan kernel yg baru..jd tinggal install tvtime atau xawtv nya moga beruntung

    ReplyDelete
  14. Proyek akhir sya tentang WEB tv streaming on ubuntu lebih populernya sekrang2 ini adalah Internet Protocol Television (IPTV).
    disini sya bnyak terbantu dalam hal pengerjaan proyek akhir.
    Meskipun sya newbie dalam linux, tpi memberanikan diri untuk mengambil judul proyek akhir tersebut dalam linux,
    dan Inilah orang yang membuat saya bner2 mengenal akan dunia linux.
    Ya dia adalah Heru Sumardi seseorang pakar WEB dalam LINUX :D
    sya telah bnyak belajar dari dy mengenai tv tunner dan PHPMyAdmin on ubuntu.
    Terima kasih bnyak atas bantuan dari blog mas yg ganteng ini.
    dan sya semakin tertarik untuk mengenal linux dari hal ini :D

    thanks a lot!!!!
    U're great!!!!
    'n now I'm not a faker telecommunication engineer!!

    best regard,
    Ucup ---> Telecommunication Engineer '07 in POLBAN

    ReplyDelete
  15. Proyek akhir sya tentang WEB tv streaming on ubuntu lebih populernya sekrang2 ini adalah Internet Protocol Television (IPTV).
    disini sya bnyak terbantu dalam hal pengerjaan proyek akhir.
    Meskipun sya newbie dalam linux, tpi memberanikan diri untuk mengambil judul proyek akhir tersebut dalam linux,
    dan Inilah orang yang membuat saya bner2 mengenal akan dunia linux.
    Ya dia adalah Heru Sumardi seseorang pakar WEB dalam LINUX :D
    sya telah bnyak belajar dari dy mengenai tv tunner dan PHPMyAdmin on ubuntu.
    Terima kasih bnyak atas bantuan dari blog mas yg ganteng ini.
    dan sya semakin tertarik untuk mengenal linux dari hal ini :D

    thanks a lot!!!!
    U're great!!!!
    'n now I'm not a faker telecommunication engineer!!

    best regard,
    Ucup ---> Telecommunication Engineer '07 in POLBAN

    ReplyDelete
  16. Ucup : Selamet, kiranya dah jadi Tukang Sarjana Teknik yah?

    ReplyDelete
  17. wah sepertinya card kita sama bang.. Saya udah selesai installasinya, tapi bingung bagaimana scan frequensi di tvtime. Mohon pencerahannya bang

    ReplyDelete
  18. saya benar baru banget instal ubuntu 11.10, saya cari2 info tentang Pixel View Play TV Pro 4, tapi yang saya dapet cuma blog ini, tapi ini juga belum berhasi pas memasukan tv tuner ke sistem :D

    puyeng :D

    ReplyDelete
  19. musicindieindonesia : coba ulangi langkah" tersebut, atau mungkin ada yg terlewat / terbalik :) selamat bereksperiment uyee..

    ReplyDelete
  20. [ 724.289489] bttv: driver version 0.9.19 loaded
    [ 724.289492] bttv: using 8 buffers with 2080k (520 pages) each for capture


    tampilan saya seperti itu gan :'(
    mohon bantuannya :)
    email saya acep@cinox.co.id
    atau chat lwat ym em0un

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  21. maap bang tv tuner saya tv home media3... piye ya kok gak mau bang saya instal d ubuntu gak mau jalan ang padahal sya dah pakai wine... mohon pencerahanya..makasiih

    ReplyDelete
  22. Mang Asep Saepudin, coba diulangi dari langkah awal yah.. moga berhasil

    Anonim : wah saya belum pernah coba itu broer :)

    ReplyDelete

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Powered by Blogger.