Header Ads

Sekilas Tentang Ubuntu 11.04 Natty Narwall

April nanti Ubuntu 11.04 akan release, dan tentunya kita akan bisa segera mendapatkan paket terbaru dari distro linux populer ini. Ubuntu 11.04 menyanding nama Natty Narwall.

Desktop Ubuntu 11.04

Saya sendiri telah mencobanya untuk menginstall release 11.04 Alpha di virtualbox. Kalau ada yang penasaran, silakan manuju ke TKP dan langsung aja klick link downloadnya di halaman tersebut. Meskipun belum semua feature  bisa diperoleh dari installasi tersebut, tapi yang mungkin bisa kita dapatkan bocorannya :D adalah sebagai berikut :

1. Unity Desktop

Pengguna ubuntu akan memperoleh pengalaman baru dari desktop baru ini. Sebenarnya desktop ini telah diperkenalkan pada release ubuntu 10.10 Netbook edition. Satu hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa unity ini akan menggunakan Compiz window manager dan ada semacam indikator applet yang disertakan. Kita juga dimungkinkan untuk dapat menghapus, menyusun dan menambahkan shortcut  aplikasi dari sisi kiri navigation bar.

2. Banshee Sebagai Pemutar Musik Default

Hal ini berarti  peran rhytmbox digantikan oleh banshee. Hiks.. padahal kita udah lama mengandalkan rhytmbox sebagai music player. Hehe.. ga perlu sedih jo.. karena banshee memiliki sisi positiv sebagai pemutar musik, misalnya :

  • Mendukung MP3 Amazon
  • Video Suport
  • Suport Audiobooks untuk library dan metadata yang tidak dimiliki oleh rhytmbox

3. Libre Office Menggantikan Peran Open Office

Tidak hanya rhytmbox yang digantikan perannya oleh banshee, dari sektor aplikasi office-pun, kini Libre Office menggantikan peran yang selama ini diemban oleh Open Office . Mungkin diantara kita telah ada yang pernah atau sedang menggunakan Libre Office.. duh sayang saya belum sempat bikin tips untuk Libre Office :(

  • Libre Office merupakan aplikasi perkantoran yang bebas dan bisa didownload serta diinstall geratis.
  • Memiliki dukungan hingga 30 bahasa.
  • Antar muka yang user friendly akan mampu mempermudah operator dalam menggunakan produk ini yang begitu stabil ini.
  • Kita tidak akan mengalami kesulitan saat harus beralih dari aplikasi perkantoran berlisensi dan berbayar seperti Microsoft Office ke Libre Office.
  • Libre Office memiliki file format yang lazim seperti aplikasi office lainnya.
  • Kita bisa dengan mudah  meng-import files dari Ms Word, Excell dan Power Point misalnya, dan banyak format lainnya.
  • Mudah menyimpan kedalam format Ms Office dan format lainnya

4. Menggunakan Kernel Linux Versi 2.6.38

Dalam hal ini ditujukan  untuk dapat meningkatkan performance secara keseluruhan dari Ubuntu baik Desktop maupun Workstation. Itulah kenapa Canonical memilih release dari Kernel Linux 2.6.38 ini.

5. Adanya perbaikan bugs yang mungkin pernah pengguna dapati ketika menggunakan aplikasi default Ubuntu atau Kubuntu dan turunannya. Untuk lebih jelasnya tentang hal ini, kita bisa membaca detilnya di https://wiki.ubuntu.com/PaperCut

Lainnya? Duh tunggu release resminya aja ye? ;) piss

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :