Header Ads

Setup Printer HP Laserjet 1010 via SAMBA Dan PPD File

Setelah beberapa waktu yang lalu kita melakukan Konfigurasi Printer HP Laserjet P1505n .Kali ini kita akan coba untuk menginstall Printer HP Laserjet 1010 yang aktiv dalam network dengan menggunakan PPD file. Untuk itu kita akan melakukannya dengan SAMBA. Karena kebetulan printer HP Laserjet 1010 tersebut aktiv di komputer windows.

Langkah-langkahnya :

  1. Klik System | Administration | Printing
  2. Add New Printer
  3. Pilih Networdk Printer, Windows Printer via SAMBA
  4. Browse, cari dimana lokasi printer, Forward
Lihat visual dari 3 image berikut :
Printing, pilih add new printer atau klick "+"
Windows Printer via Samba, Browse
Cari Lokasi dan pilih printernya

Biasanya ubuntu akan secara otomatis mencari driver, tapi kali ini tidak langsung menemukannya. Sehingga kita dihadapkan pada satu pilihan untuk menentukan driver dan printer-nya.
Choose driver - Pilih PPD File
Disini kita bisa menentukan printer dan driver-nya. Tapi karena seperti rencana awalnya, kita akan menggunakan PPD file untuk printer HP Lasetjet 1010, maka kita pilih  Provide PPD file.

Kita bisa mendapatkan file PPD nya  dari sini karena kebetulan suport untuk printer-printer HP sangat baik di linux. Kita mungkin tahu HP sendiri merupakan salah satu vendor yang mendukung linux. PPD [ PostScript Printer Description ] file sendiri adalah file yang mendeskripsikan fitur dan kemampuan dari printer postscript. File PPD tersebut dibuat oleh vendor yang memproduksi printer tersebut.

Kalau mau ngeliat daftar printer yang suport linux, kita bisa check up ke openprinting.org

Untuk menggunakan file PPD tadi, maka kita harus mencari lokasi dimana file PPD hasil download tadi kita simpan, dan pilih + open kemudian pada jendela yang muncul, klick Forward
Select PPD file, klick open

Maka kita akan berada pada windows yang menampilkan tentang deskripsi printer kita tadi. Kemudian Isi deskripsi printer tersebut, Apply

Isi deskripsi printer yang baru kita setup

Setelah tombol Apply di klick, kita akan ditanya apakah akan melakukan Test Print atau tidak. Sampai disini, dan kita akhiri proses installasi printer tersebut, maka printer telah dapat kita fungsikan.
Daftar printer yang baru jo

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :