Header Ads

Upgrade Ubuntu 10.10 Ke 11.04

Ubuntu adalah salah satu distro yang cepat dalam merealease tiap versinya. Kita tahu, dalam setahun ubuntu mengeluarkan release sebanyak dua kali. Dan setiap release  tersebut bisa kita download dari situsnya. Sudah menjadi berita umum bahwa ubuntu mengeluarka releasenya pada bulan April dan Oktober.

Hal itu pula yang dijadikan kode seri releasannya. Misal, Ubuntu 9.04 adalah ubuntu 9 yang release pada bulan April (04) dan terakhir kemarin adalah Ubuntu 10.10 yang merupakan ubuntu 10 yang releasenya pada bulan Oktober (10).

Untuk versi anyar nanti Ubuntu 11.04 kita pastikan akan release pada bulan April (04). Bagi yang ingin menggunakan release tersebut, dari ubuntu 10.10 kita bisa meng-upgrade-nya dengan cara :

Upgrade Ubuntu 10.10 ke Ubuntu 11.04 :

Desktop

Pencet kombinasi tombol ALT+F2 dan pada command box yang muncul ketikkan 

"update-manager -d

ALT+F2 ketik update-manager -d
(tanda "" nya jangan diketik ya jo... hehe ).

Maka update manager akan memberitahu ke kita bahwa "New distribution release '11.04' is available". Klick upgrade dan ikuti saja instruksinya.
Update Manager Realease Baru
Bagi yang saat ini menggunakan ubuntu 10.10 Maverick, dan mencoba untuk meng-update OS nya sebelum release resmi April nanti muncul, maka di layar akan ada peringatan seperti ini :

Attention Upgrade

Server

Ketikkan perintah :

sudo do-release-upgrade -d;

upgrade server.. ikuti saja prosesnya

Kemudian ikuti saja instruksi yang ada dilayar. Yap, moga sukses ya jo..

1 komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :