Header Ads

Seting Koneksi Dial Up Smartfren AC782 CDMA, Ubuntu 13.04

Cihuy, lagi ngantuk gini ada yang datang minta disetingin koneksi internet dialup. Orang ini, membawa laptop & modem usb smartfren tipe AC782 yang kebetulan saya belum pernah nyoba menggunakannya di ubuntu, tapi yakin bisa berhasil di win 8 karena telah sesuai dengan spesifikasi dari vendor modem tersebut, tidak dengan linux. Tapi tenang aja jo.. :) nanti kita coba membuat koneksinya.. hehe..
vendor & product id - lsusb

Btw.. setelah selesai isi ulang pulsa dengan *999*16 digit kode voucher dan diakhiri dengan Ok/Yes?Call dan mendapat konfirmasi pulsa telah masuk beberapa saat kemudian. Alhamdulillah, berhasil ngisi pulsanya :)

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan paket yang diinginkannya yaitu unlimited bulanan Rp.99.000 dengan cara:  *123*3*2*30 Ok/Yes/Call  dan berhasil dengan adanya pemberitahuan via sms,  selanjutnya saya install di laptop dengan win 8 serta membuat setingan standar user/password : smart/smart, dialup number: #777 dan sukses untuk melakukan koneksi internet.

Akhirnya, saya "iseng" coba di ubuntu 13.04 dan ternyata waktu dicoba membuat koneksi dialup, simodem tidak terdeteksi. Padahal waktu cek keberadaannya dengan lsusb disana  tampak jelas adanya perangkat usb terpasang dengan ID 19d2:ffdd ZTE WCDMA Technologies MSM.
Smartfren AC782

Tapi tenang aja jo.. jangan give up, kita coba membuat koneksi dialup menggunakan wvdial. Caranya? Caranya begini :

  1. Install wvdial dengan sudo apt-get install wvdial
  2. Masukkan modulnya ke sistem dengan sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xffdd (ingat vendor dan product id yang kita dapatkan dari lsusb kan? Nah itu yang kita masukkan) Lihat gambar.
  3. Kemudian kita bikin seting koneksi wvdial dengan teks editor sudo gedit /etc/wvdial.conf
  4. Kita masukkan beberapa parameter sesuai dengan setingan yang dibutuhkan,
[Dialer smartfren]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = Analog Modem
Phone = #777
New PPPD = yes
ISDN = 0
Username = smart
Password = smart
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 460800
Command Line = ATDT
Stupid Mode = yes
Carier Check = no
Idle Seconds = 0
Ask Password = 0



Kemudian simpan perubahan yang kita lakukan. Untuk melakukan koneksi internet menggunakan wvdial caranya adalah dengan mengetikkan wvdial dan nama koneksi yang tadi kita buat

sudo wvdial smartfren

Alamaak.. bisa juga :)

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :