Header Ads

Cara Melakukan Screenshot di Ubuntu

Hello, kali ini saya coba untuk sedikit ngasih bocoran nih :) tentang cara mengambil screenshot / capture layar di Ubuntu.

Kita bisa menggunakan aplikasi Screenshot (Ubuntu) atau dengan KSnapshot (Kubuntu) dan juga aplikasi-aplikasi lainnya.

Pastinya hal ini tidak asing kalau kita sudah terbiasa bekerja dengan Ubuntu Desktop, jadi bagi yang udah familiar dengannya barangkali postingan ini tidak perlu-perlu amat ya? :)

Sebenarnya postingan ini lebih pas untuk yang baru saja kenal atau menggunakan ubuntu desktop sebagai lingkungan kerjanya dan memerlukan tampilan layar atau bagian tertentu dari layar desktop kita. Untuk apapun itu gak harus dipertanyakan. Betul? :)

Lalu bagaimana caranya kita melakukan screenshot di ubuntu? Begini caranya :

Buka sebuah aplikasi Screenshot, dari dash ubuntu cukup kita ketikkan screenshot. Setelah terbuka disana ada beberapa opsi yang bisa kita sesuaikan dengan keperluan kita dan terbagi menjadi :
  1. Grab the whole desktop, adalah opsi yang bisa kita gunakan bila ingin mengambil seluruh tampilan desktop.
  2. Grab the current window, adalah opsi yang tepat bila kita hanya ingin meng-capture jendela atau windows yang sedang aktive.
  3. Select area to grab, adalah opsi yang bisa kita gunakan ketika kita hanya ingin mengambil bagian tertentu dari layar monitor kita
Selain itu, disana ada opsi untuk mengatur delay capture ketika kita meng-klik Take Screenshot dan aksi capturing oleh Screenshot ini.

Save Screenshot
Pilihan selanjutnya (lihat Save Screenshot) adalah :

Kita segera memberikan nama file sebelum Screenshot menyelesaikan tugasnya.
  1. Tentukan lokasi dimana kita akan menyimpan file hasil screenshot.
  2. Selain menyimpannya dalam bentuk file, kita juga bisa meng-kopy-nya ke memory sistem yang bisa kita gunakan untuk keperluan lain, misalnya kita bikin file baru dengan gimp melalui menu File - Create from clipboard

Demikian sedikit curhat atau cuap-cuap ini yang penting gak penting yang penting exist :)

Apapun jawabannya, semoga ini bisa bermanfaat :)



Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :