Header Ads

Perbaikan Layar Blank Karena Install Display Driver

Pagi ini ada "sesuatu" dengan laptopku. Kejadiannya setelah saya coba untuk menginstall driver nvidia.

Pada prosesnya tidak terjadi sesuatu yang mencurigakan, kejadiannya baru terkuak setelah saya restart laptop (karena sengaja ingin mengetahui perubahan apa yang terjadi setelah menginstall driver tersebut.

Dari startup sampai login tidak terjadi hal yang aneh, kejadiannya baru ketahuan setelah login dengan mengetikkan password, layar tampak blank hitam.

Lama juga gak sembuh, sampai akhirnya tersadar "ada masalah".

Setelah mencari dan mencari akhirnya nemuin cara untuk memperbaiki "penyakit" tersebut.



Masuklah ke terminal dengan mengetikkan Ctrl + Alt + F1, dan setelah login,  ketikkan perintah berikut :

Remove driver nvidia
sudo nvidia-settings --uninstall
sudo apt-get remove --purge nvidia*

Reinstall

sudo apt-get install nvidia-common
sudo apt-get install xserver-xorg-video-nouveau
sudo apt-get install --reinstall libgl1-mesa-glx libgl1-mesa-dri xserver-xorg-core


Reboot komputer, dan tralala.. akhirnya kembali normal :)


6 komentar:

  1. terima kasih gan, infonya kece banget nih,,, hampir aja install ulang, untung dapet obat mujarab... :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah komputer sayah udh gak ngeblank & mksh brother

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur atuh mang Asep :) lhamdulillah

      Hapus
  3. mau tanya , laptop saya blank , gk bisa log in ke windows , solusinya gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, blank-nya gmn bro? saat mau login atau waktu POST Bios? Kl waktu mau login berarti OS nya bermasalah. Mungkin bisa install/recovery atau jika ada informasi lain dilayar bisa ada solusi lain

      Hapus

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :