Header Ads

Tips Memilih Web Hosting

Joherujo : Dalam dunia internet, hostin memegang peran yang penting berkenaan dengan kecepatan dan juga kemudahan akses suatu website.

Web Hosting
Umumnya di Indonesia, kita mengenal istilah hosting dengan Server Indonesia atau biasa disebut dengan IIX dan juga server US, meskipun ada server-server lain yang biasa digunakan oleh penyedia jasa layanan web hosting ini.

Ada kelebihan ataupun kekurangan dari sisi kedua jenis server tersebut, jadi sebaiknya kita memahami sebelum menentukan mau menggunakan jenis/lokasi hosting yang mana?

Hosting Server US
Seperti namanya, hosting server ini berada di US, biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :
Kelebihan 

  • Cepat diakses dari mana saja karena US adalah simpul dari internet dunia Pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server – mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain – lain cukup pendek 
  • Mudah diakses oleh website – website crawler seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain – lain 
  • Kekurangan 
  • Kecepatan aksesnya dari dalam negeri (Indonesia) kalah jika dibandingkan dengan server yang berlokasi di Indonesia karena jauhnya jarak yang berimbas pada lama waktu untuk mengaksesnya.


Hosting Server Indonesia (IIX)
Kelebihan :

  • Umumnya sangat cepat diakses dari dalam negeri (Indonesia) karena routingnya pendek 
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan 

Kekurangan

  • Bandwidth internasionalnya relatif lebih kecil sehingga pengiriman e-mail dengan attachmen – attachment besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain – lain sering ter-delay 


Jadi kita harus memahami dulu sebelum menentukan mau menggunakan server hosting yang mana?

Pertimbangannya adalah jika web kita ditargetkan untuk diakses dari dalam negeri atau wilayah yang berdekatan dengan Indonesia, maka sebaiknya menggunakan Hosting Server Indonesia (IIX), tetapi jika target pengakses website kita adalah Internasional (Amerika, Eropa, Afrika) dan juga termasuk Asia yang jauh dari Indonesia, maka sebaiknya memilih untuk menggunakan Hosting Server US.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :