Header Ads

Modal Untuk Jadi Blogger Sukses

Joherujo - Alhamdulillah saudara-saudara, ternyata didunia ini masih ada orang-orang baik dan bijak yang mau berbagi hal positive, meskipun terkadang kita belum pernah jumpa ataupun sekedar say hello via telpon.

Belum lama ini ada petuah bijak dari bang Herman sebagai petunjuk dan penyemangat sebagai sesama blogger. Temanya adalah tentang 3 Modal Untuk Menjadi Blogger Sukses.

Ingatlah, bahwa untuk menjadi seorang blogger sukses itu bukan datang dari suatu keberuntungan, tapi sesuatu yang diperjuangkan! 

Menjadi blogger ataupun bekerja adalah sebuah pilihan, tapi ketika kita telah menentukan blogger sebagai jalan kita untuk bisa meraih kesuksesan, maka jangan pernah beranggapan bahwa "Menjadi blogger sukses itu susah!"

Jadi, mari kita buang jauh-jauh anggapan tersebut dari angan-angan dan fikiran kita, karea untuk bisa jadi seorang blogger sukses, kita bisa meraihnya dengan tiga modal penting yaitu :

1. Pola Pikir Sukses
Pola pikir adalah kumpulan pikiran yang  terpola dan tersimpan dalam pikiran bawah sadar. Oleh karena itu, untuk bisa menjadi seorang blogger yang sukses, maka modal pertama kita adalah memiliki pola pikir (mindset) sukses.

Pola pikir sukses ini tidak sulit dicari kok. Kita bisa mengambilnya dari para blogger sukses dalam negeri maupun luar negeri. Contoh pola pikir blogger sukses adalah :
  • Percaya diri
  • Fokus pada kualitas
  • Mencari tantangan

2. Kebiasaan Baik
Contoh dari modal kedua ini antara lain tidak menunda-nunda pekerjaan, sistematis, terorganisir, konsisten, terencana, dan beretika. Dengan kebiasaan baik, perilaku ngeblog kita Insya Allah juga akan baik.

Contohnya
Cobalah untuk mempunyai kebiasaan yang baik, seperti misalnya membuat postingan terlebih dahulu sebelum membuka Facebook, twitter atau melihat video-video YouTube.

Jadi ingat pepatah  berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Bersakit-sakit menulis terlebih dulu, bersenang-senang update status & komen kemudian.

3. Keterampilan Ngeblog

Modal ketiga adalah keterampilan ngeblog. Bentuknya beragam mulai dari menulis postingan berkualitas, riset kata kunci, search engine optimization (SEO) sampai menguasai teknis blog (misal hosting dan CSS). Dengan memiliki keterampilan ngeblog, kita tidak harus bergantung pada orang lain dalam mengelola blog Anda.

Supaya memiliki keterampilan ngeblog di atas, tidak ada cara lain, selain harus belajar dan berlatih secara berkesinambungan (terus menerus).

Contohnya, jika kita belum terampil menulis, menulislah setiap hari selama 30 hari (misalnya 300 kata sehari) walaupun kita merasa capai atau tidak mood. Manfaatnya, adalah kita akan terbiasa menulis.

Dari ketiga modal di atas, modal mana yang paling besar dampaknya? 

Pertanyaan ini mungkin muncul di benak kita. Menurut sejumlah pakar pengembangan diri, pola pikir dan kebiasaan (soft skills) berperan 80% dalam kesuksesan seseorang. Sementara itu, keterampilan teknis (hard skills) berperan 20%.

Jadi, kesimpulannya adalah :
Menjadi blogger sukses tidaklah sulit sepanjang kita memiliki tiga modal di atas. 
Bertindaklah (take actions) sehingga kita memiliki ketiga modal tersebut. Cepat atau lambat kita akan menjadi seorang blogger sukses.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :