Header Ads

Pengaruh Sosial Media Pada Dunia Bisnis

Joherujo - Saat ini jika kita ingin membangun atau mengembangkan bisnis tidak boleh menganggap remeh efek sosial media. Karena telah terbukti bahwa sosial media mempunyai pengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis modern.

Gak sekedar dunia bisnis, bahkan sosial media-pun telah mengusik masuk dalam kawasan politik praktis. Ingat "perang" di sosial media beberapa bulan lalu terkait dengan kampanye pemilihan presiden? Itu satu bukti bahwa sosial media itu memiliki efek sosial yang besar.

Berhubungan dengan bisnis,  sosial media-pun bisa jadi salah satu kunci kesuksesan yang akan diraih. Bagaimana kita mampu memanfaatkan sosial media sebagai  jalan menuju pintu sukses bisnis tersebut?

Jawabannya adalah bahwa :

1. Customer dan juga kompetitor kita ada di media sosial.
Siapa sih orang yang tidak aktif dalam media sosial saat ini? Dari anak-anak hingga orang dewasa tentunya telah mengenal apa itu sosial network.

Jikapun mereks tidak mengetahui apa itu sosial network karena berbagai alasan, tetapi umumnya mereka telah aktif dan memiliki akun di sosial network seperti facebook, twitter dan sebagainya.

Dari sana kita bisa tahu potensi apa yang bisa peroleh untuk mengembangkan bisnis ataupun mengetahui strategi apa yang sedang dijalankan oleh kompetitor kita. Misalnya dalam hal memasarkan produk-produknya, kita bisa mengetahui jenis, bentuk, harga dan bahkan cara mendapatkannya.

2. Sosial Media Menghubungkan Jutaan Orang
Sosial media telah terbukti menjadi satu link yang menghubungkan jutaan orang diberbagai belahan dunia.

Apa yang mereka lakukan, dimana mereka berada, apa yang mereka makan ataupun minum disuatu warung lesehan, cafe, rumah makan ataupun restoran akan mereka bagikan di media sosial.

Mereka ambil foto, minuman, makanan, meja, bangunan atau apapun untuk dibagikan kejutaan orang bahwa dia telah datang dan menikmati banyak hal disitu.

Umumnya orang akan penasaran dan cari tahu dimana itu, ada apa disana, seperti apa tempatnya dan lain-lain. Tentu sudah kebayang seperti apa potensi yang bisa diperoleh dari sana jika kita bisa memanfaatkannya.

Bahkan kita bisa membangun satu komunitas dengan sedikit perjuangan dan strategi yang tepat, untuk lebih memperkenalkan brand yang kita miliki kepada dunia melalui komunitas tersebut.

Tentunya masih ada banyak hal bisa kita peroleh dari efek sosial media. Tidak semuanya positif, tapi bisa saja ada efek negatif yang bisa berimbas pada kita. Namanya bisnis tentu ada persaingan. Dan untuk memenangkan persaingan, orang bisa saja menghalalkan segara cara, misalnya dengan negative campaign.

Tentunya kita harus memiliki cara yang pintar untuk menghadapi hal-hal seperti itu, dan semua itu ada ditangan kita.


Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :