Header Ads

Tips Berkomentar dan Mengomentari Yang Baik

Joherujo : Jika kita sering mengunjungi berbagai website maupun blog, tentunya akan sangat paham dan mungkin juga sering, atau minimal beberapa kali atau paling minimalnya pernah melihat sekali yang namanya komentar.

Banyak hal yang bisa diperoleh dari suatu komentar di blog atau website, diantaranya adalah :

  • Orang yang serius menanggapi isi suatu artikel
  • Orang yang sekedar meninggalkan link pada artikel tersebut supaya dia dikenal (misalnya)
  • Orang yang asal berkomentar
  • Atau adakalanya kita menjumpai yang termasuk komentar sampah, bahasa kerennya junk comment
Lalu seperti apa sih komentar yang baik itu?
Sebenarnya menulis suatu komentar yang baik itu ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan. Kenapa? Karena cara kita menuliskan komentar yang baik juga akan menunjukkan kalau kita sungguh-sungguh dalam menanggapi atau memberi penilaian dari artikel tersebut.

Lalu, aspek apa saja yang perlu kita perhatikan ?
  1. Jangan OOT alias out of topic. Yaitu komentar yang tidak ada hubungan sama sekali dengan topik yang sedang dibahas.
  2. Sebaiknya jangan kelewat singkat dalam memberikan komentar. Misalnya " :) " atau "Thanks" atau "Nice info gan!"
  3. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar serta bahasa yang tidak bersifat provokator. Misalnya "Terimakasih gan atas ulasan dalam artikel ini. Secara garis besar saya sangat setuju dengan apa yang dijelaskan disini, tetapi saya ingin sedikit menambahkan bahwa....." Penulisan komentar seperti diatas tentunya akan lebih nyaman ketika moderator mempublish atau menanggapinya. Selain moderator, visitor lain juga tentunya akan memberi penilaian yang baik pula, sambil berharap ada yang mengunjungi website atau blog kita, minimal ingat siapa sih yang berkomentar? wkk..
Mungkin masih ada hal lain yang perlu diperhatikan ketika kita menulis suatu komentar. Selanjutnya adalah bagaimana kita menanggapi suatu komentar yang ada di website atau blog kita?

Hampir sama seperti cara bagaimana kita berkomentar yang baik, cara kita memberi tanggapan suatu komentar. 

Mungkin ini subyektif, jadi kalau tidak setuju ya silahkan menanggapinya dengan menuliskannya dikolom komentar :)
  1. Pahami sekali lagi topik artikel yang kita tulis (barangkali lupa, biasanya untuk artikel yang telah lama kita publish)
  2. Baca komentar dengan baik, pahami juga maksudnya, jika telah memahami maksudnya barulah kita memutuskan apakah komentar tersebut akan di-publish, dihapus, atau di-publish dan ditanggapi
  3. Jika kita mem-publish suatu komentar kemudian memberikan tanggapan, maka kita juga harus menggunakan faedah yang benar/baik. Hal itu dilihat dari cara penulisan, kalimat yang kita pilih, dan jawaban yang akan kita berikan.
  4. Jangan lupa untuk menggunakan sapaan yang baik. Boleh juga dilengkapi dengan ucapan terima kasih.
  5. Jika kitamenanggapi komentar yang bersifat kritik, cobalah untuk belajar menerima kritik, kemudian berilah tanggapan. Ingat, semua orang butuh kritikan untuk bisa lebih baik!
Demikian sedikit pemikiran tentang komentar dan tanggapan. Apapun yang ditulis disini tentunya tidak lepas dari nilai-nilai subyektif. Artinya setiap orang akan punya caratersendiri dalam menerapkannya.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :