Header Ads

Tips Menghindari Kerusakan Pendengaran Akibat Menggunakan Earphone/Headset

Joherujo : Saat ini seringkali dan mungkin tiap hari kita bisa melihat orang-orang yang sangat akrab dengan gadget dan earphone maupun headset terpasang ditelinga. Mungkin salah satu dari mereka adalah saudara atau teman kita, atau orang lain yang kebetulan kita melihatnya.

Sebenarnya menggunakan headset atau earphone itu boleh-boleh saja tapi kita harus tahu batasan/aturan level aman saat kita menggunakannya. Karena dengan penggunaan earphone atau headset yang menyalahi aturan, akan berakibat pada resiko kerusakan saluran dengar kita.

Makanya tak jarang pada gadget atau smartphone akan ada peringatan saat kita menggunakan headset dan mengatur volume pada level yang tinggi. "Penggunaan pada level tinggi bisa merusak pendengaran!" Begitu kira-kira maksud peringatannya.

Penelitian terbaru mengungkap, banyak anak muda yang kehilangan pendengarannya atau tuli karena mendengarkan musik terlalu keras. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengatakan, pekan lalu tercatat ada 1,1 miliar orang berusia 12-35 tahun kerap mendengarkan perangkat audio dengan cara yang tidak aman.

Hal itu berisiko dapat menimbulkan gangguan pendengaran secara permanen. Terlebih dengan adanya smartphone, banyak orang yang mendengarkan musik melalui earphone bawaan via aplikasi musik gratis.

Lalu, bagaimana cara aman untuk mendengarkan musik melalui earphone  atau headset secara aman?

Pilih earphone yang pas di telinga
Kebanyakan earphone yang ada dipasaran adalah barang-barang import. Artinya, barang tersebut kemungkinan didesain untuk anatomi dan ukuran telinga orang diluar Indonesia.

Yang harus diperhatikan adalah kita memilih earphone dengan ukuran yang pas dan nyaman saat dipasangkan ditelinga. Jangan menggunakan earphone yang berukuran besar sehingga akan menimbulkan rasa sakit ditelinga ketika kita mengenakannya

Perhatikan Waktu Pakai Dan Level Suara
Kita disarankan untuk tidak menggunakan earphone dalam rentang waktu lama, apalagi dengan tingkat suara yang tinggi. Hal tersebut akan berakibat merusak pendengaran kita.

Menurut Anna Gilmore Hall, seorang executive director Hearing Loss Association of America mengatakan bahwa  "Anda tidak harus mendengarkan musik dengan intensitas suara hingga 80 desibel selama lebih dari 60 menit. Beristirahatlah dan biarkan telinga bernafas".

Artinya kalau kita melihat dan mendengar ada orang menggunakan earphone dengan suara sampai keluar itu telinganya sebenarnya sedang disiksa :) Sarankan padanya untuk menurunkan level volume atau cukup menggunakan speaker biar bisa berbagi musik :)

Sebagai perbandingan, suara dengan intensitas 80 desibel setara dengan suara lalu lintas perkotaan. Setelah beberapa jam, tingkat desibel ini dapat merusak telinga Anda.

Nah jika sudah mengetahui, tapi masih tetap acuh, jangan nyesel dikemudian hari yah? :)


2 komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :